Rabu, 21 November 2018

Rencana Aktivitas Pembelajaran Harian (Rpph) Taman Kanak-Kanak (Tk)

 Pembelajaran yang baik dilaksanakan secara sistematis dan berkesinambungan RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) TAMAN KANAK-KANAK (TK)
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) TAMAN KANAK-KANAK (TK)
Pembelajaran yang baik dilaksanakan secara sistematis dan berkesinambungan. Kegiatan pembelajaran dirancang mengikuti prinsip-prinsip pembelajaran, keluasan muatan/materi, pengalaman belajar, daerah dan waktu belajar, alat/sumber belajar, model pembelajaran dan cara penilaian.

Kualitas pembelajaran sanggup diukur dan ditentukan oleh sejauh mana acara pembelajaran sanggup mengubah sikap anak ke arah yang sesuai dengan tujuan kompetensi yang sudah diputuskan. Oleh alasannya itu, Guru PAUD dibutuhkan bisa merancang, mengembangkan, dan melaksanakan acara pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik, kebutuhan, dan perkembangan anak.

Rencana pelaksanaan pembelajaran ialah rancangan bagi guru untuk melaksanakan acara bermain yang memfasilitasi anak dalam proses belajar. Rencana pelaksanaan pembelajaran dibentuk sebelum acara pembelajaran dilaksanakan. Rencana pembelajaran harus mengacu kepada karakteristik (usia, sosial budaya, dan kebutuhan individual) anak. Rambu-rambu yang harus diperhatikan dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran adalah:

 Pembelajaran yang baik dilaksanakan secara sistematis dan berkesinambungan RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) TAMAN KANAK-KANAK (TK)
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)

Baca Juga:

RPP PJOK Kelas V SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Matematika Kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Matematika Kelas 7 SMP/MTs Revisi 2017
Langkah-Langkah Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS)


Untuk lebih jelasnya lagi terkena Rencana Program Pembelajaran Harian (RPPH) Taman Kanak-kanak (TK) silahkan simak penjelasnnya di bawah ini:

RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) 
TAMAN KANAK KANAK

Semester/Minggu ke/Hari ke : I / 1 / 1
Hari /tgl : ……………………………………………………………
Kelompok usia : A
Tema/sub tema : Diriku /Identitas Diri (Nama )
KD : 1.1 – 1.2 – 2.5 – 2.8 – 3.1 – 4.1 – 3.3 -4.3 – 3.12- 4.12
Materi : - Aku ciptaan Tuhan

- Menyayangi diri sendiri
- Berani tampil di depan umum
- Mengurus diri sendiri
- Menyanyi lagu Aku
- Fungsi identitas diri
- Menggerakkan jari-jari tangan
Kegiatan main : Kelompok dengan acara pengaman
Alat dan materi : - Gambar anak pria dan anak perempuan

- Kertas,kartu nama,pensil
- Kertas gambar,krayon
Karakter : Religius, Mandiri
 
Proses kegiatan 
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Menyanyi lagu Aku
3. Berdiskusi wacana saya ciptaan Tuhan
4. Mengamati seorang anak
5. Berdiskusi wacana identitas anak yang ada di depan
6. Berdiskusi cara mencintai diri sendiri
7. Mengenalkan acara dan hukum yang dipakai bermain
B. INTI
1. Mewarnai gambar anak pria / perempuan
2. Menghitung mitra yang pria dan yang wanita
3. Menyebutkan nama panggilannya
4. Membuat garis datar
C.RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang sudah digunakan
2. Diskusi wacana perasaan diri selama melaksanakan acara bermain
3. Bila ada sikap yang kurang sempurna harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan mengatakan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaannya selama hari ini
2. Berdiskusi acara apa saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3. Bercerita pendek yang meliputi pesan-pesan
4. Menginformasikan acara untuk besuk
5. Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
1. Sikap
a. Mensyukuri bahwa saya sebagai ciptaan Tuhan
b. Menggunakan kata sopan pada ketika bertanya
2. Pengetahuan dan ketrampilan
a. Menunjukkan diri anak
b. Menyebutkan identitas diri
c. Dapat mencintai dirinya sendiri
d. Dapat mewarnai gambar dengan rapi
e. Dapat menghitung mitra sesuai jenis kelabuin
f. Dapat membuat garis datar dengan rapi


Mengetahui,
Kepala Sekolah               Guru Kelompok

.............................           ..........................

Untuk Mendapatkan Rencana Program Pembelajaran Harian (RPPH) Taman Kanak-kanak (TK) dalam bentuk file PDF silahkan Download disini

0 komentar

Posting Komentar