Pelaksanaan pembelajaran di SD/MI dilakukan dengan pendekatan pembelajaran tematik-terpadu kecuali untuk mata pelajaran Matematika dan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) sebagai mata pelajaran yang berdiri sendiri untuk kelas IV, V, dan VI. Silabus Tematik Terpadu SD/MI disusun terpisah dengan dokumen ini sebagai teladan dalam menyusun perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan di sekolah. melaluiataubersamaini demikian, bagi guru yang ingin menyusun sendiri pembelajaran tematik terpadu, sanggup memakai dokumen Silabus Mata Pelajaran Matematika SD/MI ini dan silabus mata pelajaran lainnya di SD sebagai acuan
Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak eksklusif (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi siswa.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi perilaku dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan sanggup dipakai sebagai pertimbangan guru dalam membuatkan aksara siswa lebih lanjut.
Berikut ini yaitu Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan Mata Pelajaran Matematika kelas II SD/MI revisi 2017.
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran |
Siswa mampu: 3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah dan memilih lambangnya menurut nilai kawasan dengan memakai model faktual serta cara membacanya 4.1 Membaca dan menyajikan bilangan cacah dan lambangnya menurut nilai kawasan dengan memakai model faktual | Lambang bilangan dan nilai tempat | · Menuliskan aneka macam bentuk bilangan hingga 999 · Menentukan suatu bilangan yang sudah diketahui nilai tempatnya. · Mengidentifikasi nilai tempat pada suatu bilangan tertentu · Menyajikan dan melaporkan hasil membentuk bilangan menurut ciri nilai-nilai tempatnya · Menyelesaikan duduk kasus yang berkaitan dengan lambang bilangan dan nilai tempat |
Siswa mampu: 3.2 Membandingkan dua bilangan cacah 4.2 Mengurutkan bilangan-bilangan dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya | Membandingkan dan mengurutkan bilangan · Menentukan lebih kecil, lebih besar, atau sama dengan (<,>,= ) · Mengurutkan bilangan dari yang terkecil ke terbesar atau sebaliknya. | · Menentukan benda yang paling banyak atau paling sedikit · Membandingkan dan mengurutkan gambar sekumpulan benda-benda bedasarkan jumlahnya · Mengurutkan beberapa bilangan hingga tiga angka · Membuat urutan bilangan dari yang terbesar ke terkecil jika didiberikan urutan bilangan dari terkecil ke terbesar · Mempresentasikan, mendemonstrasikan, atau memperagakan cara membentuk bilangan dan mengurutkan bilangan dari sejumlah bilangan yang didiberikan · Menyelesaikan duduk kasus yang berkaitan dengan membandingkan dan mengurutkan bilangan |
Siswa mampu: 3.3 Menjelaskan dan melaksanakan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah hingga dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan 4.3 Menyelesaikan duduk kasus penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah hingga dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan | Penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah · Penjumlahan bentuk panjang · Penjumlahan bersusun ke bawah · Pengurangan bentuk panjang · Pengurangan bersusun ke bawah · Penjumlahan dengan menyimpan · Pengurangan dengan metode meminjam | · Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan dengan memakai simbol +, -, atau = dalam pengerjaan hitung bilangan. · Menjumlah dua bilangan tanpa metode menyimpan · Menyusun aneka macam pasangan bilangan pada penjumlahan dua bilangan yang diketahui jumlahnya tertentu · Mengubah kalimat penjumlahan ke bentuk pengurangan atau sebaliknya · Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pengurangan bilangan cacah hingga dengan 999 · Menyajikan penyelesaian duduk kasus yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan bundar hingga dengan 999 |
Siswa mampu: 3.4 Menjelaskan perkalian dan pemberian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali hingga dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pertolongan 4.4 Menyelesaikan duduk kasus perkalian dan pemberian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali hingga dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pemberian | Perkalian dan pertolongan bilangan cacah | · Mengamati operasi penjumlahan berulang · Menyimpulkan bahwa perkalian sebagai penjumlahan berulang · Membuat contoh penjumlahan berulang dan menggantikannya menjadi operasi perkalian · Menyelesaikan soal dongeng yang memakai tokoh dan isi dongeng yang bekerjasama dengan perkalian · Mengamati operasi pengurangan berulang · Menyimpulkan pemberian sebagai pengurangan berulang. · Mengerjakan soal yang bekerjasama dengan duduk kasus sehari-hari yang melibatkan perkalian dan pertolongan · Menyelesaikan soal dongeng yang terkait dengan perkalian atau pemberian ke dalam bentuk gambar/diagram · Menyajikan hasil penyelesaian duduk kasus yang berkaitan dengan perkalian dan pertolongan |
Siswa mampu: 3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan belahan mata uang 4.5 Mengurutkan nilai mata uang serta mendemonstrasikan aneka macam kesetaraan belahan mata uang | Uang: · Uang kertas · Uang logam | · Mengenal uang logam dan uang kertas · Mengenal jenis belahan uang yang biasa dipakai sehari-hari menyerupai belahan 50, 100, 500, 1000, 5000, dan 10000 rupiah · Mendemonstrasikan secara mulut dan goresan pena cara mengurutkan aneka macam nilai mata uang · Mendemonstrasikan secara mulut dan goresan pena cara memilih kesetaraan aneka macam belahan mata uang · Menyelesaikan soal dongeng penerapan uang ke dalam bentuk gambar/diagram · Mendemonstrasikan penerapan uang dalam bentuk bermain tugas sebagai penjual dan pembeli |
Siswa mampu: 3.6 Menjelaskan dan memilih panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari 4.6 Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari | Satuan baku: · Panjang · Berat · Waktu | · Mengamati aneka macam alat ukur sehari-hari (penggaris, meteran, roll meter) untuk memilih panjang benda dari lingkungan sekitar · Mengamati aneka macam alat ukur sehari-hari (neraca, timbangan, timbangan duduk/gantung) untuk memilih berat benda dari lingkungan sekitar · Mengamati demontrasi mengukur usang suatu acara dengan memakai alat ukur waktu (stopwatch, jam analog/digital) · Menyajikan penyelesaian duduk kasus yang terkait dengan panjang, berat, dan waktu dalam satuan baku, · Menyelesaikan soal dongeng penerapan alat ukur dan satuan pengukuran panjang, berat dan waktu ke dalam bentuk gambar/diagram |
Siswa mampu: 3.7 Menjelaskan belahan 1/2, 1/3 , dan 1/4 memakai benda-benda faktual dalam kehidupan sehari-hari 4.7 Menyajikan belahan 1/2, 1/3 , dan 1/4 yang bersesuaian dengan bab dari keseluruhan suatu benda faktual dalam kehidupan sehari-hari | Pecahan sederhana: | · Mengamati aneka macam benda (kue, buah, atau bidang dua dimensi) yang dipotong menjadi beberapa bab yang sama · Menggabungkan potongan-potongan benda yang berbentuk dan berukuran sama menjadi satu benda yang utuh · Menyatakan nilai belahan ”setengah”, ”sepertiga”, dan ”seperempat” ke dalam aneka macam bentuk gambar dan sebaliknya · Menentukan dan menuliskan letak belahan setengah, sepertiga, dan seperempat pada garis bilangan · Menyelesaikan soal dongeng yang bekerjasama dengan belahan sederhana |
Siswa mampu: 3.8 Menjelaskan ruas garis dengan memakai model faktual berdiri datar dan berdiri ruang 4.8 Mengidentifikasi ruas garis dengan memakai model faktual berdiri datar dan berdiri ruang | Ruas garis | · Mengidentifikasi ruas garis dalam ruangan kelas atau benda-benda ruang yang ada di sekitarnya · Menarik garis dari dua titik pada bangun datar dan berdiri ruang · Mengidentifikasi ruas garis pada berdiri datar dan berdiri ruang (diagonal sisi, diagonal ruang, dan ruas garis lainnya) · Menentukan nama ruas garis-ruas garis pada berdiri datar dan berdiri ruang · Menyelesaikan soal dongeng yang berkaitan dengan ruas garis pada berdiri datar dan berdiri ruang sederhana |
Siswa mampu: 3.9 Menjelaskan berdiri datar dan berdiri ruang menurut ciri-cirinya 4.9 Mengklasifikasi berdiri datar dan berdiri ruang menurut ciri-cirinya | Bangun datar, berdiri ruang sederhana, dan ciri-cirinya | · Menggambar atau membentuk aneka macam berdiri datar sederhana memakai karet/benang dan papan berpaku · Menunjukkan bab unsur-unsur yang membentuk segitiga, segiempat, segilima, dan segienam beraturan (sisi, sudut) · Menyebutkan banyak sisi dan sudut berdiri datar · Mengelompokkan sekumpulan berdiri datar menurut ciri-cirinya · Menunjukkan unsur-unsur pembentuk berdiri ruang (rusuk,sisi, sudut) · Menyebutkan banyak rusuk,sisi, dan sudut yang terdapat pada berdiri ruang sederhana · Mengelompokkan sekumpulan berdiri ruang menurut ciri-cirinya · Mengidentifikasi suatu berdiri datar atau berdiri ruang menurut ciri-cirinya · Menyelesaikan soal dongeng yang terkait dengan berdiri datar dan berdiri ruang beserta ciri-cirinya |
Siswa mampu: 3.10 Menjelaskan pola barisan berdiri datar dan berdiri ruang memakai gambar atau benda faktual 4.10 Memprediksi pola barisan berdiri datar dan berdiri ruang memakai gambar atau benda faktual | Pola barisan berdiri datar dan berdiri ruang | · Mengamati pola barisan berdiri datar dan berdiri ruang · Menemukan aneka macam pola yang mungkin dari sekumpulan atau barisan berdiri datar dan berdiri ruang · Membuat aneka macam bentuk barisan yang sanggup dibuat dari sekumpulan berdiri datar dan berdiri ruang · Membuat pola gres menurut pola yang sudah ada dari sekumpulan berdiri datar dan berdiri ruang · Menggunakan konsep pola barisan berdiri datar dan berdiri ruang dalam menuntaskan masalah |
Untuk mendapat Silabus matematika kelas II SD/MI full untuk satu tahun dua semester versi file silahkan klik halaman ini.
DOWNLOAD SILABUSNYA GIMANA YA? KOK SUSAH ?
BalasHapus