Jumat, 05 Oktober 2018

Rpp Al-Quran Hadis Kelas 7 Mts Kurikulum 2013 Revisi 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : MTs ………..
Mata Pelajaran : Qur’an Hadis
Kelas/Semester : VII/Ganjil
Materi : Al-Qur’an dan Hadist sebagai Pedoman Hidupku
Tahun Pelajaran : 2017/2018
Alokasi Waktu : 10 x 40 Menit (5 pertemuan)

A. Kompetensi Inti:
No
Kompetensi Inti
KI-1
Menghargai dan menghayati aliran agama yang dianutnya

KI-2
Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawaban, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam diberinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

KI-3
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata

KI-4
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan menciptakan) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Materi Pokok
1.1  Meyakini  al-Quran dan Hadis sebagai pedoman hidup
1.1.1   Meyakini Alquran dan dan Hadits sebagai pedoman hidup
Al-Qur’an dan Hadist sebagai Pedoman Hidupku
2.1  Memiliki sikap menyayangi al Alquran dan Hadis dalam kehidupan.
2.1.1   Berperilaku yang sesuai dengan al Alquran dan Hadis dalam kehidupan
3.1  Memahami kedudukan al-Quran dan Hadis sebagai pedoman hidup umat manusia.
3.1.1   Menjelaskan pengertian dan fungsi al-Quran
3.1.2   Menjelaskan pengertian dan fungsi Hadits
3.1.3   Membedakan fungsi al-quran dan Hadis
4.1  Mempraktikkan cara hidup yang sesuai dengan Al Qur’an dan hadis.
4.1.1    Menjelaskan cara memfungsikan al-Quran dan Hadis dalam kehidupan
4.1.2    Menjelaskan cara menyayangi al-Quran dan Hadis
4.1.3    Menjelaskan ciri sikap orang yang menyayangi al-Quran dan Hadis
C. Tujuan Pembelajaran
Sesudah mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan diharapkan akseptor didik bisa menerangkan pengertian dan fungsi al-Quran dan Hadis, membedakan fungsi keduanya dalam kehidupan, cara mencintainya dan juga bisa menerangkan sikap seseorang yang menyayangi al-Quran dan Hadis melaluiataubersamaini rasa rasa ingin tahu, tanggung jawaban, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta mempunyai sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta bisa berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

D. Materi Pembelajaran
1. Pengertian dan fungsi al-Quran dan Hadis
2. Teknik memfungsikan al-Quran dan hadis
3. Teknik menyayangi al-Quran dan Hadis
4. Ciri-ciri sikap orang yang menyayangi al-Quran dan Hadis

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning 
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Penugasan

F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris

G. Sumber Belajar:
1. Al-Quran dan Terjemahnya
2. Buku Guru dan buku Siswa Mata pelajaran Qur’an Hadits MTs. Kls VII
3. Internet
4. Buku-buku lain yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
1 . Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Penlampauan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran (PPK Religius)
v  Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik  dalam mengpertamai acara pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. (Berpikir Kritis)
Motivasi
v  Memdiberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diharapkan sanggup menerangkan perihal:
®        Al-Qur’an dan Hadis sebagai pedoman hidup umat insan
v   Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemdiberian Acuan
v  Memdiberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu.
v  Memdiberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung (Literasi dan Komunikatif)
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
10
menit
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi akseptor didik kepada masalah
Mengamati
Peserta didik didiberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
®         Al-Qur’an dan Hadis sebagai pedoman hidup umat insan
dengan cara :
v  Mengamati (Literasi)
Peserta didik diminta untuk mengamati lembar kerja,gambar/video pemdiberian contoh-contoh materi/soal untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb yang bekerjasama dengan:
®         Al-Qur’an dan Hadis sebagai pedoman hidup umat manusia 
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum acara pembelajaran berlangsung),
Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama dengan 
®         Al-Qur’an dan Hadis sebagai pedoman hidup umat insan
v  Mendengar
Peserta didik diminta untuk mendengarkan pemdiberian materi oleh guru yang berkaitan dengan:
®         Al-Qur’an dan Hadis sebagai pedoman hidup umat insan
v  Menyimak,
Peserta didik diminta untuk menyimak klarifikasi pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global wacana materi pelajaran  terkena :
®         Al-Qur’an dan Hadis sebagai pedoman hidup umat insan
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan akseptor didik
Menanya
Guru mempersembahkan peluang pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawaban melalui acara belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan wacana : (HOTS)
®         Al-Qur’an dan Hadis sebagai pedoman hidup umat insan
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi pelengkap wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk berbagi kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat.
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawaban pertanyan yang sudah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Membaca sumber lain selain buku teks, (Literasi TIK)
Mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah atau internet untuk mencari dan membaca artikel wacana
®         Al-Qur’an dan Hadis sebagai pedoman hidup umat insan
v  Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau acara lain guna menemukan solusi masalah terkait materi pokok yaitu
®         Al-Qur’an dan Hadis sebagai pedoman hidup umat insan
v  Aktivitas
Sesudah membaca dengan seksama kedua dongeng tersebut, tentu ada banyak hal yang kalian pikirkan. Maka cobalah untuk menulis apa yang kalian renungkan dari kedua dongeng tersebut pada kolom diberikut ini:
No
Kata Tanya
Kalimat Tanya
1


2


3


dst


v  Saling tukar informasi perihal  :
®         Al-Qur’an dan Hadis sebagai pedoman hidup umat insan
dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk berbagi sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, berbagi kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk berbagi sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana :
®         Al-Qur’an dan Hadis sebagai pedoman hidup umat insan
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan akseptor didik lain didiberi peluang  untuk menjawabannya.
v  Menyimpulkan  wacana point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis wacana
®         Al-Qur’an dan Hadis sebagai pedoman hidup umat insan
v  Menjawaban pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang sudah disediakan.
v  Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang sudah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran perihal:
®         Al-Qur’an dan Hadis sebagai pedoman hidup umat insan
v  informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan menolongan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal terkena
®         Al-Qur’an dan Hadis sebagai pedoman hidup umat insan
v  Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang tidak sama hingga kepada yang berperihalan untuk berbagi sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menerangkan :
®         Al-Qur’an dan Hadis sebagai pedoman hidup umat insan
60
menit
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.perihal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan.
  • Melakukan refleksi terhadap acara yang sudah dilaksanakan. (Literasi)
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  eksklusif diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar didiberi paraf serta didiberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memdiberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
  • Merencanakan acara tindak lanjut dalam bentuk kiprah kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan diberikutnya
10
menit
2 . Pertemuan Ke-2 ( 2 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Penlampauan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran (PPK Religius)
v  Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik  dalam mengpertamai acara pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
®        Al-Qur’an dan Hadis sebagai pedoman hidup umat manusia
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. (Berpikir Kritis)
Motivasi
v  Memdiberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diharapkan sanggup menerangkan perihal:
®        Pengertian al-Quran dan Hadis
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemdiberian Acuan
v  Memdiberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu.
v  Memdiberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung (Literasi dan Komunikatif)
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
10
menit
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi akseptor didik kepada masalah
Mengamati
Peserta didik didiberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
®         Pengertian al-Quran dan Hadis
dengan cara :
v  Mengamati (Literasi)
Peserta didik diminta untuk mengamati lembar kerja,gambar/video pemdiberian contoh-contoh materi/soal untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb yang bekerjasama dengan:
®         Pengertian al-Quran dan Hadis 
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum acara pembelajaran berlangsung),
Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama dengan 
®         Pengertian al-Quran dan Hadis
v  Mendengar
Peserta didik diminta untuk mendengarkan pemdiberian materi oleh guru yang berkaitan dengan:
®         Pengertian al-Quran dan Hadis
v  Menyimak,
Peserta didik diminta untuk menyimak klarifikasi pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global wacana materi pelajaran  terkena :
®         Pengertian al-Quran dan Hadis
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan akseptor didik
Menanya
Guru mempersembahkan peluang pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawaban melalui acara belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan wacana : (HOTS)
®         Pengertian al-Quran dan Hadis
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi pelengkap wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk berbagi kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat.
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawaban pertanyan yang sudah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Membaca sumber lain selain buku teks, (Literasi TIK)
Mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah atau internet untuk mencari dan membaca artikel wacana
®         Pengertian al-Quran dan Hadis
v  Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau acara lain guna menemukan solusi masalah terkait materi pokok yaitu
®         Pengertian al-Quran dan Hadis
v  Mendiskusikan
1.    Guru membentuk kelompok yang terdiri dari 4-5 orang di tiap kelompoknya.
2.    Guru membaginya dengan cara sebut angka. Tekniknya:
a.    Peserta didik berhitung secara berurutan dan masing-masing menghapalkan nomornya.
b.    Jadikan angka 1 hingga sepuluh menjadi dua kelompok adalah kelompok angka ganjil  dan kelompok angka genap.
c.    Jadikan angka 11 hingga angka 20 menjadi dua kelompok adalah kelompok ganjil dan  kelompok genap.
d.    Begitu seterus, sesuaiakan dengan jumlah akseptor didik dalam satu kelas
e.    Guru bisa mengembangkannya menurut jumlah akseptor didik
1.    Guru membagikan lembar diskusi kepada tiap kelompok. misal lembar diskusi untuk bab
“Al-Quran dan Hadis sebagai pedoman hidup”  sebagai diberikut:
Diskusikan perkara diberikut bersama kelompokmu, dan tidakboleh lupa tulis alhasil pada kolom
bawah!
v  Saling tukar informasi perihal  :
®         Pengertian al-Quran dan Hadis
dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk berbagi sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, berbagi kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk berbagi sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana :
®         Pengertian al-Quran dan Hadis
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan akseptor didik lain didiberi peluang  untuk menjawabannya.
v  Menyimpulkan  wacana point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis wacana
®         Pengertian al-Quran dan Hadis
v  Menjawaban pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang sudah disediakan.
v  Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang sudah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran perihal:
®         Pengertian al-Quran dan Hadis
v  informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan menolongan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal terkena
®         Pengertian al-Quran dan Hadis
v  Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang tidak sama hingga kepada yang berperihalan untuk berbagi sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menerangkan :
®         Pengertian al-Quran dan Hadis
60
menit
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.perihal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan.
  • Melakukan refleksi terhadap acara yang sudah dilaksanakan. (Literasi)
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  eksklusif diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar didiberi paraf serta didiberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memdiberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
  • Merencanakan acara tindak lanjut dalam bentuk kiprah kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan diberikutnya
10
menit
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
- Pilihan ganda
- Uraian/esai 
2) Tes Lisan
· Tes ekspresi pemaparan materi dari pemahaman siswa.
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
· Mempelajari buku teks dan sumber lain wacana materi pokok
· Menyimak tayangan/demo wacana materi pokok
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
· Terlampir
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
  • Remidial sanggup didiberikan kepada akseptor didik yang belum mencapai KKM maupun kepada akseptor didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua belahan : remedial sebab belum mencapai KKM dan remedial sebab belum mencapai Kompetensi Dasar 
  • Guru memdiberi semangat kepada akseptor didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan mempersembahkan kiprah bagi akseptor didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), contohnya sebagai diberikut. 
b. Pengayaan 
  • Pengayaan didiberikan untuk menambah wawasan akseptor didik terkena materi pembelajaran yang sanggup didiberikan kepada akseptor didik yang sudah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar. 
  • Pengayaan sanggup ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai akad dengan akseptor didik. 
  • Direncanakan menurut IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya 

                                                                                        ………, 17 Juli 2017
Mengetahui
Kepala MTs                                                                   Guru Mata Pelajaran



……………………………………                           …………………………………….
NIP/NRK.                                                                  NIP/NRK.



Catatan Kepala Sekolah
...................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Untuk mendapatkan RPP al-Quran hadis Bab 1 (satu) semester ganjil kelas VII MTs full lima pertemuan dalam versi file silahkan klik halaman ini. 

0 komentar

Posting Komentar