Rabu, 21 November 2018

Rpp Bahasa Sunda Kelas 9 Smp/Mts Kurikulum 2013 Revisi 2017

 menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan RPP Bahasa Sunda Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Bahasa Sunda Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran : Bahasa Sunda
Kelas/Semester : IX /satu
Materi Pokok : Teks Memandu Acara
Alokasi Waktu : 4 x pertemuan (8 JP)


A. Kompetensi Inti
KI 3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan menciptakan) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B. Kompetensi Dasar dan Indikator PencapaianKompetensi
9.3.1 Mengidentifikasi dan menganalisis teks memandu program sesuai dengan kaidah-kaidahnya.
9.3.1.1 Memahami struktur isi teks memandu acara
9.3.1.2 Mengidentifikasi kaidah- kaidah teks memandu acara
9.3.1.3 Mengidentifikasi ciri- ciri bahasa dalam teks memanduacara

9.4.1 Menyusun, menyajikan, dan menanggapi memandu program sesuai dengan kaidah- kaidahnya secara mulut dan tulisan.
9.4.1.1 Memahami langkah- langkah menyusun teks memandu acara
9.4.1.2 Mendeskripsikan teks memandu program secara tertulis
9.4.1.3 Menyajikanteks memandu program secara lisan
9.4.1.4 Menginterpretasi teks memandu acara

C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan1
Sesudah membaca dari banyak sekali sumber, mengamati pemodelan/ tayangan video dan berdiskusi:
1. Peserta didik sanggup menunjukkan sikap diberiman sebagai insan yg berbudaya dan menjunjung tinggi tata eksekusi alam Sunda
2. Peserta didik sanggup menunjukkan sikap bertakwa sebagai pengamalan insan yang santun dan berbudi pekerti
3. Peserta didik sanggup menunjukkan sikap bersyukur atas nikmat sebagai insan yang berbudaya dan bertatakrama
4. Peserta didik sanggup menunjukkan sikap peduli terhadap mitra dalam pembelajaran
5. Peserta didik sanggup menunjukkan sikap tanggung tanggapan dalam pembelajaran
6. Peserta didik sanggup menunjukkan sikap disiplin dalam pembelajaran
7. Peserta didik sanggup menandakan struktur teks memandu acara
8. Peserta didik sanggup menandakan kaidah-kaidah yang benar dalam memandu acara
9. Peserta didik sanggup menandakan ciri-ciri bahasa dalam teks memandu acara
10. Peserta didik sanggup menandakan langkah-langkah menyusun teks memanduacara
Pertemuan2
Sesudah membaca dari banyak sekali sumber, mengamati tayangan video dan berdiskusi:
1. Peserta didik sanggup menunjukkan sikap diberiman sebagai insan yg berbudaya dan menjunjung tinggi tata eksekusi alam Sunda
2. Peserta didik sanggup menunjukkan sikap bertakwa sebagai pengamalan insan yang santun dan berbudipekerti
3. Peserta didik sanggup menunjukkan sikap bersyukur atas nikmat sebagai insan yang berbudaya dan bertatakrama
4. Peserta didik sanggup menunjukkan sikap peduli terhadap mitra dalam pembelajaran
5. Peserta didik sanggup menunjukkan sikap tanggung tanggapan dalam pembelajaran
6. Peserta didik sanggup menunjukkan sikap disiplin dalam pembelajaran
7. Peserta didik sanggup menandakan langkah-langkah menyusun teks memandu acara
8. Peserta didik sanggup mendemonstrasikan/memperagakan teks memandu acara
9. Peserta didik sanggup mempersembahkan tanggapan terhadap hasil penampilan teks memandu acara

D. Materi Pembelajaran
Pertemuan1

Penyusunan teks memandu acara
1. Pengertian memandu acara
2. Struktur teks memandu acara
3. Kaidah-kaidah menyusun teks memandu acara
4. Ciri-ciri ragam bahasa dalam menyusun teks memandu acara
Pertemuan2
Peragaan teks memandua cara
1. Langkah-langkah menyusun teks memanduacara
2. Teknik-cara memandu program yangbaik
3. Tatakrama dan moral dalam memanduacara

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : PembelajaranSaintifik
2. Metode : Kooperatif learning,discovery
3. Teknik : Ceramah, diskusi, tanyajawaban, penugasan,

F. Sumber Belajar
1. Buku Teks Basa Sunda Disdik Provinsi Jawa Barat 2013
2. Internet/youtube
3. Buku rujukan lain
4. Alam sekitar siswa

G. Media Pembelajaran
1. Media
• Gambar/ foto-foto kegiatan memanduacara
• Video tayangan kegiatan memanduacara
2. Alat dan bahan
• Naskah teks memandu acara
• LCD
• Infocus
• Laptop/komputer

H. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan1

1. Penlampauan (15 menit)
a. Guru mempersiapkan penerima didik dalam pembelajaran dengan berdoa, melihat kerapihan dan kemembersihkanan kelas serta menanyakan presensi hari itu. (PPK:Religius dan Disiplin)
b. Guru memotivasi penerima didik,dengan menayangkan video kegiatan memandu acara
c. Guru memotivasi penerima didik, dengan membagikan teks memandu acara
d. Guru bertanya tanggapan dengan penerima didik wacana isi dari tayangan video berkaitan dengan memandu acara
e. Guru menandakan tujuan pembelajaran yang dikembangkan dalam pembelajaran memandu acara

2. Kegiatan inti (60 menit)
Mengamati: KEGIATAN LITERASI


• Peserta didik mengamati tayangan video/pemodelan memandu acara
• Peserta didik membaca teks memandu program melalui pemodelan teks

Menanya CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

• Peserta didik dengan atau tanpa menolongan guru menanya wacana teks memandu program (struktur dan ciri-ciri bahasa)

Mengeksplorasi COLLABORATION (KERJASAMA)

• Peserta didik membangun konteks dengan bertanya tanggapan wacana hal-hal yang berkaitan dengan tema acara
• Peserta didik mengenal dan mendiskusikan struktur teks memandu acara
• Peserta didik mengenal dan mendiskusikan ciri bahasa teks memanduacara
• Peserta didik memahami dan menerapkan penerapan kata baku dalamkalimat
• Peserta didik menjawaban pertanyaan wacana isi teks memandu acara
• Peserta didik mengenal unsurkebahasaan
• Peserta didik mendiskusikan teks memandu program yang berkaitan dengan temaacara

Mengasosiasi: CREATIVE (KREATIFITAS)

• Peserta didik mendeskripsikan isi teks memanduacara
• Peserta didik mengurutkan bagian-bagian teks memanduacara
• Peserta didik menemukan dan memperbaiki kata tak baku dalam teks memanduacara

Mengomunikasikan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)

• Peserta didik menandakan struktur teks memandu program hasil identifikasi
• Peserta didik menandakan hasil analisis teks memandu program hasil identifikasi
• Peserta didik menjawaban pertanyaan wacana teks memandua cara yang berkaitan dengan kaidah-kaidahnya

3. Penutup (5menit)
a. Peserta didik dengan panduan guru menyimpulkan pembahasan wacana struktur teks memandua cara CREATIVE (KREATIFITAS)
b. Peserta didik menyimpulkan kaidah-kaidah dan ragam bahasa dalam memandu acara
c. Peserta didik mempersembahkan umpan balik dengan mengajukan pertanyaan wacana langkah-langkah menyusun teks memandu program yang baik sesuai dengan tatakrama Sunda
d. Guru memberikan isu pembelajaran yang akan hadir wacana peragaan teks memandu program (Literasi dan Komunikatif)
e. Pembelajaran diakhiri dengan do’a dan salam (PPK:Religius)

Pertemuan2
1. Penlampauan (15menit)

a. Guru mempersiapkan penerima didik dalam pembelajaran dengan berdoa, melihat kerapihan dan kemembersihkanan kelas serta menanyakan bolos hari itu.
b. Guru memotivasi penerima didik, dengan menayangankan video memandu acara
c. Guru bertanya tanggapan dengan penerima didik wacana isi dari tayangan video berkaitan dengan memanduacara
d. Guru menandakan tujuan pembelajaran yang dikembangkan dalam pembelajaran memanduacara
e. Guru melaksanakan appersepsi dengan menanyakan hasil pembelajaran sebelumnya wacana langkah-langkah menyusun teks memandu acara

2. Kegiatan inti (60menit)
Mengamati:

• Peserta didik mengamati tayangan video memandu acara
• Peserta didik membaca teks memandu program melalui pemodelan teks

Menanya
• Peserta didik menanya wacana langkah-langkah menyusun teks memandu acara
• Peserta didik menanya hasil pengamatan dari penyajian teks
Memandu acara

Mengeksplorasi
• Peserta didik membaca dan mendiskusikan teks memandu program yang berkaitan dengan tema acara
• Peserta didik memahami langkah-langkah menyusun teks memandu acara
• Peserta didik mendiskusikan langkah-langkah menyusun teks memandu acara
• Peserta didik mendiskusikan cara memandu program yang baik dan santun

Mengasosiasi:
• Peserta didik mendeskripsikan isi teks memandu acara
• Peserta didik menemukan dan memperbaiki kata tak baku dalam teks memandu acara
• Peserta didik mengurutkan langkah-langkah menyusun teks memandu acara

Mengomunikasikan
• Peserta didik menandakan langkah-langkah menyusun teks Memandu acara
• Peserta didik mendemostrasikan teks memandu program secara mulut sesuai dengan kaidah-kaidahnya
• Peserta didik mempersembahkan tanggapan dari hasil peragaan dari teks memandu acara
• Peserta didik menjawaban pertanyaan wacana teks memandu program yang berkaitan
3. Penutup (5 menit)
a. Peserta didik dengan panduan guru menyimpulkan pembahasan wacana teks memandu acara
b. Peserta didik mempersembahkan umpan balik dengan mengajukan pertanyaan wacana memandu program yang baik sesuai dengan tatakrama Sunda
c. Guru memberikan isu pembelajaran yang akan hadir
d. Pembelajaran diakhiri dengan do’a dan salam

I. Penilaian
1. Jenis/metodepenilaian

a. Kompetensi Sikap:
Observasi
b. Kompetensi Pengetahuan:
Tes Lisan
c. Kompetensi Keterampilan:
Unjuk Kerja

2. Bentuk Instrumen dan Instrumen

..................., 16 Juli 2018
Mengetahui:
Kepala SMP......................               Guru Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Sunda,


..............................                            .................................
NIP                                                    NIP

Baca Juga:

0 komentar

Posting Komentar