Sabtu, 01 Desember 2018

Pemetaan Kompetensi Dasar (Kd) Tematik Kelas 3 Sd/Mi Kurikulum 2013 Revisi 2017

 Dalam rangka menyambut Tahun pelajaran gres  Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) Tematik Kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
Pemetaan Tematik kelas 3 SD/MI
Dalam rangka menyambut Tahun pelajaran gres 2018/2019 kali ini saya akan membagikan terkena Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) Tematik Kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017.

Kegiatan pemetaan ini dilakukan untuk memperoleh citra secara menyeluruh dan utuh tiruana standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator dari aneka macam mata pelajaran yang dipadukan dalam tema yang dipilih. Kegiatan yang dilakukan yaitu :

1. Penjabaran Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar ke dalam indikator

Melakukan acara pembagian terstruktur mengenai standar kompetensi dan kompetensi dasar dari setiap mata pelajaran ke dalam indikator. Dalam membuatkan indikator perlu memperhatikan hal-hal sebagai diberikut:
  • Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik penerima didik
  • Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik mata pelajaran
  • Dirumuskan dalam kata kerja oprasional yang terukur dan/atau sanggup diamati
2. Menentukan tema
a. cara penentuan tema
  • Dalam memilih tema sanggup dilakukan dengan dua cara yakni:Teknik pertama, mempelajari standar kompetensi dan kompetensi dasar yang terdapat dalam masing-masing mata pelajaran, dilanjutkan dengan memilih tema yang sesuai.
  • Teknik kedua, tetapkan terlebih lampau tema-tema pengikat keterpaduan, untuk memilih tema tersebut, guru sanggup berhubungan dengan penerima didik sehingga sesuai dengan minat dan kebutuhan anak.
b. Prinsip Penentuan tema
Dalam tetapkan tema perlu memperhatikan beberapa prinsip yaitu:
  • Memperhatikan lingkungan yang terdekat dengan siswa:
  • Dari yang tergampang menuju yang susah
  • Dari yang sederhana menuju yang kompleks
  • Dari yang faktual menuju ke yang abstrak.
  • Tema yang dipilih harus memungkinkan terjadinya proses berpikir pada diri siswa
  • Ruang lingkup tema diadaptasi dengan usia dan perkembangan siswa, termasuk minat, kebutuhan, dan kemampuannya
3. Identifikasi dan analisis Standar Kompetensi, Kompetensi dasar dan Indikator
Lakukan identifikasi dan analisis untuk setiap Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar dan indikator yang cocok untuk setiap tema sehingga tiruana standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator terbagi habis.

a. Menetapkan Jaenteng Tema
Buatlah jaenteng tema yaitu menghubungkan kompetensi dasar dan indikator dengan tema pemersatu. melaluiataubersamaini jaenteng tema tersebut akan terlihat kaitan antara tema, kompetensi dasar dan indikator dari setiap mata pelajaran. Jaenteng tema ini sanggup dikembangkan sesuai dengan alokasi waktu setiap tema.

b. Penyusunan Silabus
Hasil seluruh proses yang sudah dilakukan pada tahap-tahap sebelumnya dijadikan dasar dalam penyusunan silabus. Komponen silabus terdiri dari standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, pengalaman belajar, alat/sumber, dan penilaian.

c. Penyusunan Rencana Pembelajaran (RPP)
Untuk keperluan pelaksanaan pembelajaran guru perlu menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran. Rencana pembelajaran ini ialah realisasi dari pengalaman mencar ilmu siswa yang sudah diputuskan dalam silabus pembelajaran. Komponen rencana pembelajaran tematik meliputi:
  • Identitas mata pelajaran (nama mata pelajaran yang akan dipadukan, kelas, semester, dan waktu/banyaknya jam pertemuan yang dialokasikan).
  • Kompetensi dasar dan indikator yang akan dilaksanakan.
  • Materi pokok beserta uraiannya yang perlu dipelajari siswa dalam rangka mencapai kompetensi dasar dan indikator.
  • Strategi pembelajaran (kegiatan pembelajaran secara faktual yang harus dilakukan siswa dalam diberinteraksi dengan materi pembelajaran dan sumber mencar ilmu untuk menguasai kompetensi dasar dan indikator, acara ini tertuang dalam acara pembukaan, inti dan penutup).
  • Alat dan media yang dipakai untuk memperlancar pencapaian kompetensi dasar, serta sumber materi yang dipakai dalam acara pembelajaran tematik sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai.
  • Penilaian dan tindak lanjut (prosedur dan instrumen yang akan dipakai untuk menilai pencapaian mencar ilmu penerima didik serta tindak lanjut hasil penilaian). 
Untuk mendapat Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) Tematik Kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 silahkan download pada link yang sudah di sediakan di bawah ini:

0 komentar

Posting Komentar