Silabus Matematika Kelas VI SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 |
Selamat Bertemu kembali Sahabat K13 zaman Now, kali ini saya akan membuatkan terkena Silabus Matematika Kelas VI SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 sesuai dengan Permendikbud No 24 Tahun 2016 ihwal Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar SD (SD)
Tujuan kurikulum mencakup beberapa aspek empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menerima, menjalankan, dan menghargai anutan agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawaban,santun, peduli, dan percaya diri dalam diberinteraksi dengan keluarga, kawan, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak pribadi (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi penerima didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan sanggup dipakai sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan huruf penerima didik lebih lanjut.
Baca Juga:
Silabus Matematika Kelas IV SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017Silabus Matematika Kelas II SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Tematik Kelas 4 SD Semester Genap Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus PJOK Kelas III SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus PJOK Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Tematik Terpadu Kelas 1, 2 ,3, 4, 5, dan 6 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai diberikut ini.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba menurut rasa ingin tahu perihaldirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan daerah bermain
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
4. Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak diberiman dan berakhlak mulia
Kompetensi Dasar (KD) Matematika Kelas VI SD/MI kurikulum 2013 Revisi 2017 sebagai diberikut.
3.1 Menjelaskan bilangan lingkaran negatif (termasuk memakai garis bilangan)
4.1 Menggunakan konsep bilangan lingkaran negatif (termasuk mengggunakan garis bilangan) untuk menyatakan situasi sehari-hari
3.2 Menjelaskan dan melaksanakan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pinjaman yang melibatkan bilangan lingkaran negatif
4.2 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pinjaman yang melibatkan bilangan lingkaran negatif dalam kehidupan sehari-hari
3.3 Menjelaskan dan melaksanakan operasi hitung gabungan yang melibatkan bilangan cacah, penggalan dan/atau desimal dalam banyak sekali bentuk sesuai urutan operasi
4.3 Menyelesaikan problem yang berkaitan operasi hitung gabungan yang melibatkan bilangan cacah, penggalan dan/atau desimal dalam banyak sekali bentuk sesuai urutan operasi
3.4 Menjelaskan titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring
4.4 Mengidentifikasi titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring
3.5 Menjelaskan taksiran keliling dan luas lingkaran
4.5 Menaksir keliling dan luas lingkaran serta menggunakannya untuk menuntaskan masalah
3.6 Membandingkan prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola.
4.6 Mengidentifikasi prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola
3.7 Menjelaskan berdiri ruang yang yakni gabungan dari beberapa berdiri ruang, serta luas permukaan dan volumenya
4.7 Mengidentifikasi berdiri ruang yang yakni gabungan dari beberapa berdiri ruang, serta luas permukaan dan volumenya
3.8 Menjelaskan dan membandingkan modus, median, dan mean dari data tunggal untuk memilih nilai mana yang paling sempurna mewakili data
4.8 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan modus, median, dan mean dari data tunggal dalam penyelesaian problem
0 komentar
Posting Komentar