Silabus Matematika Kelas X,XI dan XII SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 |
Silabus Matematika Kelas X,XI dan XII SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini ialah pola bagi guru dalam merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran supaya siswa mempunyai kecakapan atau keahlian matematika sebagai bab dari kecakapan hidup yang harus dimiliki siswa yang mencakup beberapa aspek kompetensi perilaku spiritual, perilaku sosial, pengetahuan, dan keterampilan, terutama dalam pengembangan penalaran, komunikasi, dan pemecahan problem (problem solving) yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari dengan melaksanakan proses pembelajaran secara interaktif, inspiratif, sangat bahagia, menantang, dan memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta mempersembahkan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa.
Silabus Matematika Kelas X,XI dan XII SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga praktis dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan supaya penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; praktis diajarkan oleh guru (teachable); praktis dipelajari oleh penerima didik (learnable); terukur pencapainnya (measurable); dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan penerima didik.
Baca Juga:
Silabus Sejarah Peminatan SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017Silabus Sejarah Indonesia Kelas 10 Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Sejarah Indonesia Kelas 12 Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Geografi Kelas X, XI dan XII Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 revisi 2017
Silabus Bahasa Indonesia Kelas 10 Sekolah Menengan Atas Revisi 2017
Kompetensi yang Diharapkan Sesudah Siswa Mempelajari Matematika di Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah di harapkan bisa mempersembahkan donasi dalam mendukung pencapaian kompetensi lulusan pendidikan dasar dan pendidikan menengah melalui pengalaman belajar, supaya mampu:
1. memahami konsep dan menerapkan mekanisme matematika dalam kehidupan sehari- hari;
2. melaksanakan operasi matematika untuk penyederhanaan, dan analisis komponen yang ada;
3. melaksanakan daypikir matematis yang mencakup membuat generalisasi menurut pola, fakta, fenomena atau data yang ada, membuat dugaan dan memverifikasinya;
4. memecahkan problem dan mengomunikasikan gagasan melalui simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah;
5. menumbuhkan perilaku nyata ibarat perilaku logis, kritis, cermat, teliti, dan tidak praktis mengalah dalam memecahkan masalah.
Kegiatan pembelajaran pada Silabus Matematika Kelas X,XI dan XII SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini sanggup diperkaya sesuai dengan sumber daya yang ada di daerah/sekolah dan siswa. Didalam proses mencar ilmu mengajar, siswa haruslah mempunyai tugas terpenting. Selain dituntut sanggup menguasai pelajaran dengan baik, siswa juga harus menikmati proses pembelajaran. Upaya untuk membuat pembelajaran yang optimal, tentulah harus dimulai dari guru, oleh alasannya yaitu itu perlu dituntut kreativitas seorang guru dan menuntut guru untuk terus mencar ilmu dan belajar. Dalam pelajaran matematika alangkah baiknya siswa diajak untuk mengobservasi lingkungan sekitar yang bekerjasama dengan pelajaran yang akan dibahas. Hal ini selain untuk melatih cara berpikir siswa, juga berfungsi untuk membuat siswa lebih berminat terhadap pelajaran yang diikuti. Siswa juga akan tidak bosan mengikuti pelajaran alasannya yaitu akan melibatkan acara fisik, bukan spesialuntuk mendengarkan dan memperhatikan apa yang diterangkan oleh guru. Tempat dan alat yang paling praktis dan bersahabat untuk dijadikan materi media pembelajaran ialah yang ada di lingkungan sekitar, tergantung bagaimana kita jeli memanfaatkan dan mengaitkan tempat dan alat tersebut sebagai media pembelajaran.
Pembelajaran harus sesuai dengan perkembangan teknologi, maka dalam pembelajaran seyogianya juga sanggup memakai kemajuan teknologi informasi dan komunikasi sebagai masukana, sumber belajar, maupun alat pembelajaran.
0 komentar
Posting Komentar