RPP PJOK Kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
Mata Pelajaran : PJOK
Kelas /Semester : III/Ganjil
Tema : Prosedur gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 12 JP ( 3 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI -3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
KI -4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan menciptakan) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1 Menerapkan mekanisme gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam aneka macam bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.1.1 Menjelaskan mekanisme gerak kombinasi pola gerak dasa lokomotorr jalan, lari dan lompat.
3.1.2 Menjelaskan mekanisme gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor jalan, lari dan melompat setinggi-tingginya.
3.1.3 Menjelaskan mekanisme gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor jalan, lari, lompat dan meraih benda.
3.1.4 Menjelaskan mekanisme gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor jalan, lari dan melompati kawan.
3.1.5 Menjelaskan mekanisme gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor berlari dengan mengangkat paha.
3.1.6 Menjelaskan mekanisme gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor berlari tumit menyentuh pantat
3.1.7 Menjelaskan mekanisme gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor berlari tungkai disepakkan ke depan
4.1 Mempraktikkan gerak kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam aneka macam bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1.1 Memperagakan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui acara menyimak isu dan peragaan, akseptor didik dibutuhkan sanggup Menjelaskan mekanisme gerak kombinasi pola gerak dasa lokomotorr jalan, lari dan lompat,Menjelaskan mekanisme gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor jalan, lari dan melompat setinggi-tingginya,Menjelaskan mekanisme gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor jalan, lari, lompat dan meraih benda,Menjelaskan mekanisme gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor jalan, lari dan melompati kawan,Menjelaskan mekanisme gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor berlari dengan mengangkat paha,Menjelaskan mekanisme gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor berlari tumit menyentuh pantat,Menjelaskan mekanisme gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor berlari tungkai disepakkan ke depan,Memperagakan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam bentuk permainan sederhana dan atau tradisional, melaluiataubersamaini rasa ingin tahu, tanggung jawaban, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta mempunyai perilaku responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta bisa berkomukasi dan berhubungan dengan baik
Baca Juga :
- Silabus PJOK Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
- RPP Matematika Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
- RPP Matematika Kelas 2 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
- RPP Matematika Kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
- RPP Matematika Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
D. Materi Pembelajaran
1. Fakta:
Gerakan lokomotor ialah suatu gerakan yang ditandai dengan adanya perpindahan tempat, menyerupai jalan, lari, melompat, dan mengguling.
2. Konsep
Gerakan lokomotor ialah dasar bagi perkembangan koordinasi gerakan yang melibatkan otot-otot besar (gross-muscles), pertumbuhan otot, daya tahan dan stamina. Gerakan ini biasanya membuat anak merasa bahagia melakukannya.
3. Prinsip
Gerakan lokomotor ini bisa dimodifikasi menjadi permainan anak sehingga tanpa disadari, siswa sedang melaksanakan gerak lokomotor, menyerupai berjalan, lari, dan mengguling. Tujuan dari dilakukannya gerakan dasar jalan dan berlari yaitu meningkatkan kemampuan gerakan dasar yang banyak dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Guru sanggup menandakan dan memdiberi pola yang benar terkena metode gerak dasar atletik jalan dan lari.
4. Prosedur
Memperagakan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
E. Metode Pembelajaran
1. Inclusive (cakupan).
2. Demonstrasi.
3. Part and whole (bagian dan keseluruhan).
4. Resiprocal (timbal-balik).
5. Pendekatan Pembelajaran Kontekstual.
6. Pendekatan Scientific
F. Media,Alat dan Bahan Pembelajaran
1. LKS
2. White board
3. Spidol
4. Media LCD projector,
5. Laptop,
6. Bahan Tayang ( Slide power point)
G. Sumber Belajar
1. Buku Pegangan Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas 3 Kurikulum 2013
2. Buku Pegangan Siswa Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas 3 Kurikulum 2013
3. Modul/bahan ajar,
4. Internet,
5. Sumber lain yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Penlampauan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
Mempelajari buku teks dan sumber lain wacana materi pokok
Menyimak tayangan/demo wacana materi pokok
Menyelesaikan kiprah yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
Terlampir
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
- Remedial sanggup didiberikan kepada akseptor didik yang belum mencapai KKM maupun kepada akseptor didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bab : remedial alasannya yaitu belum mencapai KKM dan remedial alasannya yaitu belum mencapai Kompetensi Dasar
- Guru memdiberi semangat kepada akseptor didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan mempersembahkan kiprah bagi akseptor didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), contohnya sebagai diberikut.
- Pengayaan didiberikan untuk menambah wawasan akseptor didik terkena materi pembelajaran yang sanggup didiberikan kepada akseptor didik yang sudah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
- Pengayaan sanggup ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai janji dengan akseptor didik.
- Direncanakan menurut IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas contohnya
……………, 16 Juli 2018
Mengetahui
Kepala SDN Guru Mata Pelajaran
……………………………… …………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
0 komentar
Posting Komentar