RPP Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMPN/S
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VIII/Ganjil
Materi pokok : Teks Berita
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 12 JP ( 6 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasaingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan bencana tampak mata
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalamranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan menciptakan) danranah abnormal (menulis, membaca, menghitung,menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang / teori
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
KOMPETENSI DASAR (KD)
3.1 Mengidentifikasi unsur-unsurteks diberita (membanggakan dan memotivasi) yang didengardan dibaca.
3.2 Menelaah struktur dan kebahasaanteks diberita (membanggakan dan memotivasi) yang didengardan dibaca diberita
4.1 Menyimpulkanisidari diberita(membanggakan dan memotivasi) yang dibacadan didengar
4.2 Menyajikan data, informasi dalam bentuk diberitasecara verbal dan tulis dengan memperhatikan struktur, kebahasaan,atauaspek verbal (lafal, intonasi,mimik, kinesik).
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
3.1.1 Menjelaskan Pengertian teks diberita
3.1.2 Menganalisis Unsur-unsur diberita (5 W+1H)
3.1.3 Menganalisis Ringkasan dan penyimpulan diberita.
3.1.4 Menganalisis Langkah- langkah menyimpulk an pokok- pokok diberita.
3.1.5 Mengidentifikasi Tanggapan terhadap isi diberita.
3.1.6 Menganalisis unsur-unsur teks diberita (membanggakan dan memotivasi) yang didengardan dibaca.
3.2.1 Menganalisis Struktur teks diberita yang mencakup Kepala diberita
3.2.2 Menganalisis Struktur teks diberita yang mencakup Tubuh diberita
3.2.3 Menganalisis Struktur teks diberita yang mencakup Ekor Berita
3.2.4 Menganalisis Kaidah- kaidah kebahasaan teks diberita.
3.2.5 Menganalisis Bahasabaku dan tidak baku (pengayaan)
4.1.1 Membuat Ringkasan dan penyimpulan diberita.
4.2.1 Menyajikan isi dari diberita (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar
C. Tujuan pembelajaran
Pertemuan pertama
Selama dan sehabis mengikuti proses pembelajaran ini penerima didik diperlukan dapat:
Memahami Pengertian teks diberita
Pertemuan kedua
Selama dan sehabis mengikuti proses pembelajaran ini penerima didik diperlukan dapat:
Mengetahui Unsur-unsur diberita (5 W + 1H)
Pertemuan ketiga
Selama dan sehabis mengikuti proses pembelajaran ini penerima didik diperlukan dapat:
Mengetahui Langkah- langkah menyimpulk an pokok- pokok diberita.
Pertemuan keempat
Selama dan sehabis mengikuti proses pembelajaran ini penerima didik diperlukan dapat:
Mengetahui Struktur teks diberita yang mencakup Kepala diberita
Pertemuan kelima
Selama dan sehabis mengikuti proses pembelajaran ini penerima didik diperlukan dapat:
Membuat Ringkasan dan penyimpulan diberita.
Pertemuan keenam
Selama dan sehabis mengikuti proses pembelajaran ini penerima didik diperlukan dapat:
Membuatisi dari diberita (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar
melaluiataubersamaini penuh rasa rasa ingin tahu, tanggung jawaban, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta mempunyai perilaku responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta bisa berkomukasi dan berafiliasi dengan baik
D. Materi Pembelajaran
1. Materi pembelajaran regular
a. Fakta
Soal bocor, UN di ulang
b. Konsep
Pengertian Teks Berita
c. Prinsip
Sruktur Teks Berita
d. Prosedur
Menyusun teks Berita
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode pembelajaran : Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan penugasan
F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan Tayang
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
G. Sumber Belajar
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Modul/bahan ajar,
4. Internet,
5. Sumber lain yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Penlampauan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
Mempelajari buku teks dan sumber lain wacana materi pokok
Menyimak tayangan/demo wacana materi pokok
Menyelesaikan kiprah yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
Terlampir
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
- Remedial sanggup didiberikan kepada penerima didik yang belum mencapai KKM maupun kepada penerima didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua kepingan : remedial sebab belum mencapai KKM dan remedial sebab belum mencapai Kompetensi Dasar
- Guru memdiberi semangat kepada penerima didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan mempersembahkan kiprah bagi penerima didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).
- Pengayaan didiberikan untuk menambah wawasan penerima didik terkena materi pembelajaran yang sanggup didiberikan kepada penerima didik yang sudah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
- Pengayaan sanggup ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai komitmen dengan penerima didik.
- Direncanakan menurut IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.
……………, 16 Juli 2018
Mengetahui
Kepala SMPN/S Guru Mata Pelajaran
………………………………… ………………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
Baca Juga :
RPP Prakarya dan Kewirausahaan ( Budidaya ) Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017
RPP Bahasa Sunda Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Matematika Kelas VII SMP/MTs Revisi 2017
RPP Matematika Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
0 komentar
Posting Komentar