silabus PJOK kelas III SD |
Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas selesainya penyusunan silabus mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk Kelas III SD Kurikulum 2013 Revisi 2017 dengan baik.
Silabus ini disusun untuk memmenolong para rekan guru dalam mempersembahkan pemahaman wacana gerak-gerak dasar dalam
olahraga dan juga penyesuaian hidup sehat dan di kembangkan yang tadinya tiga kolom menjadi tujuh kolom yang di antaranya Kompetensi Dasar, Materi Pembelajaran Indikator, Kegiatan Pembelajaran, Sumber belajar, Alokasi Waktu dan Teknik Penilaian. Namun demikian, kami menyadari bahwa silabus Pendidikan jasmani dan Olahraga (PJOK) kelas III SD Kurikulum 2013 revisi 2017 ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu, segala bentuk Koreksi dan masukan kami nantikan demi perbaikan silabus ini di masa yang akan hadir.
Silabus mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk Kelas III SD Kurikulum 2013 Revisi 2017 terdiri dari sembilan kompetensi dasar yaitu:
3.1 Menerapkan mekanisme gerak kombinasi teladan gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam banyak sekali bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1 Mempraktikkan gerak kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam banyak sekali bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.2 Menerapkan mekanisme gerak kombinasi gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam banyak sekali bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.2 Mempraktikkan gerak kombinasi gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam banyak sekali bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.3 Menerapkan mekanisme kombinasi teladan gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam banyak sekali bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.3 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam banyak sekali bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.4 Memahami mekanisme bergerak secara seimbang, lentur, lincah, dan berdaya tahan dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional
4.4 Mempraktikkan bergerak secara seimbang, lentur, lincah, dan berdaya tahan dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional
3.5 Menerapkan mekanisme kombinasi banyak sekali teladan gerak lebih banyak didominasi (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/loko-motor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam kegiatan senam lantai.
4.5 Mempraktikkan kombinasi banyak sekali gerak lebih banyak didominasi (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/loko-motor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam kegiatan senam lantai.
3.6 Menerapkan mekanisme penerapan kombinasi teladan gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam kegiatan gerak diberirama.
4.6 Mempraktikkan penerapan kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam kegiatan gerak diberirama.
3.7 Memahami mekanisme gerak dasar mengambang (water trappen) dan meluncur di air serta menjaga keselamatan diri/orang lain dalam kegiatan air ***)
4.7 Mempraktikkan gerak dasar mengambang (water trappen) dan meluncur di air serta menjaga keselamatan diri/orang lain dalam kegiatan air ***)
3.8 Memahami bentuk dan manfaat istirahat dan pengisian waktu luang untuk menjaga kesehatan.
4.8 Menceritakan bentuk dan manfaat istirahat dan pengisian waktu luang untuk menjaga kesehatan
3.9 Menganalisis perlunya menentukan masakan bergizi dan jajanan sehat untuk menjaga kesehatan tubuh.
4.9 Menceritakan arti penting menentukan masakan bergizi dan jajanan sehat untuk menjaga kesehatan tubuh.
Di bawah ini yaitu silabus mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk Kelas III SD Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang sudah kami kembangkan menjadi tujuh kolom.
Silabus ini disusun untuk memmenolong para rekan guru dalam mempersembahkan pemahaman wacana gerak-gerak dasar dalam
olahraga dan juga penyesuaian hidup sehat dan di kembangkan yang tadinya tiga kolom menjadi tujuh kolom yang di antaranya Kompetensi Dasar, Materi Pembelajaran Indikator, Kegiatan Pembelajaran, Sumber belajar, Alokasi Waktu dan Teknik Penilaian. Namun demikian, kami menyadari bahwa silabus Pendidikan jasmani dan Olahraga (PJOK) kelas III SD Kurikulum 2013 revisi 2017 ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu, segala bentuk Koreksi dan masukan kami nantikan demi perbaikan silabus ini di masa yang akan hadir.
Silabus mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk Kelas III SD Kurikulum 2013 Revisi 2017 terdiri dari sembilan kompetensi dasar yaitu:
3.1 Menerapkan mekanisme gerak kombinasi teladan gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam banyak sekali bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1 Mempraktikkan gerak kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam banyak sekali bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.2 Menerapkan mekanisme gerak kombinasi gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam banyak sekali bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.2 Mempraktikkan gerak kombinasi gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam banyak sekali bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.3 Menerapkan mekanisme kombinasi teladan gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam banyak sekali bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.3 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam banyak sekali bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.4 Memahami mekanisme bergerak secara seimbang, lentur, lincah, dan berdaya tahan dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional
4.4 Mempraktikkan bergerak secara seimbang, lentur, lincah, dan berdaya tahan dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional
3.5 Menerapkan mekanisme kombinasi banyak sekali teladan gerak lebih banyak didominasi (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/loko-motor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam kegiatan senam lantai.
4.5 Mempraktikkan kombinasi banyak sekali gerak lebih banyak didominasi (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/loko-motor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam kegiatan senam lantai.
3.6 Menerapkan mekanisme penerapan kombinasi teladan gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam kegiatan gerak diberirama.
4.6 Mempraktikkan penerapan kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam kegiatan gerak diberirama.
3.7 Memahami mekanisme gerak dasar mengambang (water trappen) dan meluncur di air serta menjaga keselamatan diri/orang lain dalam kegiatan air ***)
4.7 Mempraktikkan gerak dasar mengambang (water trappen) dan meluncur di air serta menjaga keselamatan diri/orang lain dalam kegiatan air ***)
3.8 Memahami bentuk dan manfaat istirahat dan pengisian waktu luang untuk menjaga kesehatan.
4.8 Menceritakan bentuk dan manfaat istirahat dan pengisian waktu luang untuk menjaga kesehatan
3.9 Menganalisis perlunya menentukan masakan bergizi dan jajanan sehat untuk menjaga kesehatan tubuh.
4.9 Menceritakan arti penting menentukan masakan bergizi dan jajanan sehat untuk menjaga kesehatan tubuh.
Di bawah ini yaitu silabus mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk Kelas III SD Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang sudah kami kembangkan menjadi tujuh kolom.
0 komentar
Posting Komentar