Minggu, 25 November 2018

Silabus Ips ( Ilmu Pengetahuan Sosial ) Kelas Viii Smp/Mts Kurikulum 2013 Revisi 2017


 dan perubahan masyarakat pada tataran lokal Silabus IPS ( Ilmu Pengetahuan Sosial ) Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus IPS ( Ilmu Pengetahuan Sosial ) Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan perubahan masyarakat pada tataran lokal, nasional, dan internasional menjadi landasan utama dalam pengembangan Kurikulum 2013. Dalam Kurikulum 2013, Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) mempunyai bantuan terhadap pembentukan pengetahuan, sikap, dan keterampilan serta penguasaan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) penerima didik untuk menghadapi tantangan global pada kurun 21. Sebagai bab dari masyarakat dunia, penerima didik harus memahami lingkungan dan masyarakat secara lokal, nasional dan global, menyadari keragaman budaya (multikultur), menyebarkan keterampilan sosial dan menguasai perkembangan teknologi.

Mata Pelajaran IPS ialah salah satu mata pelajaran wajib di SMP/MTs yang memadukan (integrated) konsep geografi, sosiologi, ekonomi, dan sejarah. Mata Pelajaran IPS memakai geografi sebagai titik tolak (platform) kajian dengan pertimbangan tiruana tempat, benda, sumber daya dan insiden terikat dengan lokasi. Tujuannya ialah untuk menekankan pentingnya ruang sebagai daerah hidup dan sumberdaya bagi manusia, mengenal potensi dan keterbatasan ruang, alasannya itulah ruang selalu saling berafiliasi (konektivitas antarruang) untuk saling melengkapi. Akibat dari interaksi antara alam dan manusia, serta konektivitas antarruang, kondisi ruang senantiasa berubah berdasarkan waktu dan perkembangan teknologi yang dipakai oleh manusia.

Baca Juga:


Pembelajaran IPS diorganisasikan dengan pendekatan interdisipliner, multidisipliner atau transdisipliner dari Ilmu-ilmu Sosial, Humaniora, dan Psikologi sesuai perkembangan penerima didik. Dalam kontek pembelajaran IPS, ruang dimaknai sebagai ruang kehidupan di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pembelajaran IPS diperlukan sanggup menyebarkan rasa cinta terhadap tanah air, memperkokoh kesatuan dan persatuan NKRI. Adapun dalam konteks pembentukan insan Indonesia, pembelajaran IPS di SMP/MTs diperlukan sanggup memdiberi pemahaman tentang lingkungan dan masyarakat dalam lingkup nasional dan internasional sehingga sanggup menyebarkan pengetahuan, sikap, berpikir logis, sistematis, kritis, analitis, dan berketerampilan sosial. Semua itu, pada jadinya sanggup meningkatkan pemahaman potensi wilayah Indonesia, juga menyebarkan nasionalisme, memperkokoh perilaku kebangsaan, dan bisa bekerja sama dalam masyarakat beragam selaku masyarakat masyarakat, masyarakat negara dan masyarakat dunia.

Silabus IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini ialah hasil perbaikan dokumen sebelumnya (Lampiran Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014). Perbaikan dilakukan atas dasar masukan publik (masyarakat sipil, asosiasi profesi, perguruan tinggi tinggi, dan sekolah) terhadap ide, dokumen, dan implementasi kurikulum yang diperoleh melalui monitoring dan penilaian dari aneka macam media. Silabus perbaikan ini disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga simpel dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan semoga penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan silabus IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial ) Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; simpel diajarkan oleh guru (teachable); simpel dipelajari oleh penerima didik (learnable); terukur pencapainnya (measurable), dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan penerima didik.

Silabus IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan mempersembahkan peluang kepada guru untuk menyebarkan dan melakukan pembelajaran, serta mengakomodasi keunggulan- keunggulan lokal. Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial ) Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 mencakup beberapa aspek kompetensi dasar, materi pokok, alternatif pembelajaran dan penilaiannya. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus ialah alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas. Pembelajaran tersebut ialah alternatif dan inspiratif sehingga guru sanggup menyebarkan aneka macam model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran. Dalam melakukan silabus ini, guru diperlukan bertindak kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penerapan metode dan model pembelajaran, yang diadaptasi dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan penerima didik.

Untuk mendapatlan Silabus IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 silahkan download filenya di bawah ini.

0 komentar

Posting Komentar