Silabus Bahasa Inggris Kelas 11 SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 |
Silabus Bahasa Inggris Kelas 11 SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 - Tujuan kurikulum mencakup beberapa aspek empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/ atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual ialah “Menghayati dan mengamalkan aliran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial ialah “Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawaban, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai potongan dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam diberinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak eksklusif (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi siswa.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan sanggup dipakai sebagai pertimbangan guru dalam menyebarkan abjad siswa lebih lanjut.
Baca Juga Silabus Bahasa Jerman Kelas 10 Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif menurut rasa ingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah ajaib terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan
Baca Juga Silabus Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI & BP) Kelas 10 Sekolah Menengan Atas Revisi 2017
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai diberikut, yaitu siswa mampu:
3.1 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional verbal dan tulis yang melibatkan tindakan memdiberi dan meminta informasi terkait masukan dan tawaran, sesuai dengan konteks penerapannya.
4.1 Menyusun teks interaksi transaksional, verbal dan tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan memdiberi dan meminta informasi terkait masukan dan tawaran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
3.2 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional verbal dan tulis yang melibatkan tindakan memdiberi dan meminta informasi terkait pendapat dan pikiran, sesuai dengan konteks penerapannya. (Perhatikan unsur kebahasaan I think, I suppose, in my opinion)
4,2 Menyusun teks interaksi transaksional, verbal dan tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan memdiberi dan meminta informasi terkait pendapat dan pikiran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
3.3 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk permintaan resmi dengan memdiberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah/tempat kerja sesuai dengan konteks penerapannya
4.3 Teks Undangan Resmi
4.3.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk permintaan resmi verbal dan tulis, terkait kegiatan sekolah/tempat kerja
4.3.2 Menyusun teks khusus dalam bentuk permintaan resmi verbal dan tulis, terkait kegiatan sekolah/tempat kerja, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
3.4 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks eksposisi analitis verbal dan tulis dengan memdiberi dan meminta informasi terkait gosip aktual, sesuai dengan konteks penerapannya
4.4 Teks eksposisi analitis
4.4.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks eksposisi analitis verbal dan tulis, terkait gosip aktual
4.4.2 Menyusun teks eksposisi analitis tulis, terkait gosip aktual, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
Baca Juga Silabus Matematika Kelas X,XI dan XII SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017
3.6 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk surat pribadi dengan memdiberi dan mendapatkan informasi terkait kegiatan diri sendiri dan orang sekitarnya, sesuai dengan konteks penerapannya
4.6 Teks surat pribadi
4.6.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk surat pribadi terkait kegiatan diri sendiri dan orang sekitarnya
4.6.2 Menyusun teks khusus dalam bentuk surat pribadi terkait kegiatan diri sendiri dan orang sekitarnya, verbal dan tulis, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
3.7 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional verbal dan tulis yang melibatkan tindakan memdiberi dan meminta informasi terkait kekerabatan alasannya akibat, sesuai dengan konteks penerapannya. (Perhatikan unsur kebahasaan because of ..., due to ..., thanks to ...)
4.7 Menyusun teks interaksi transaksional verbal dan tulis yang melibatkan tindakan memdiberi dan meminta informasi terkait kekerabatan alasannya akibat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
3.9 Menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan dewasa SMA/MA/SMK/MAK
4.9 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan dewasa SMA/MA/SMK/MAK
3.5 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional verbal dan tulis yang melibatkan tindakan memdiberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu sebut pelakunya dalam teks ilmiah, sesuai dengan konteks penerapannya (Perhatikan unsur kebahasaan Passive Voice)
4.5 Menyusun teks interaksi transaksional verbal dan tulis yang melibatkan tindakan memdiberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu sebut pelakunya dalam teks ilmiah, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
3.8 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks explanation verbal dan tulis dengan memdiberi dan meminta informasi terkait tanda-tanda alam atau sosial yang tercakup dalam mata pelajaran lain di kelas XI, sesuai dengan konteks penerapannya
4.8 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks explanation verbal dan tulis, terkait tanda-tanda alam atau sosial yang tercakup dalam mata pelajaran lain di kelas XI
Baca Juga Silabus Ekonomi Kelas 10 Sekolah Menengan Atas kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Bahasa Inggris Kelas 11 SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan mempersembahkan peluang kepada guru untuk menyebarkan dan melakukan pembelajaran, serta mengakomodasi keunggulan- keunggulan lokal. Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus mencakup beberapa aspek kompetensi dasar, bahan pokok, alternatif pembelajaran dan penilaiannya. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus ialah alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas. Pembelajaran tersebut ialah alternatif dan inspiratif sehingga guru sanggup menyebarkan banyak sekali model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran. Dalam melakukan silabus ini, guru diperlukan bertindak kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penerapan metode dan model pembelajaran, yang diadaptasi dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan penerima didik.
Baca Juga Silabus Ekonomi Kelas 10 Sekolah Menengan Atas kurikulum 2013 Revisi 2017
0 komentar
Posting Komentar