RPP Sejarah Indonesia Kelas 11 SMA/MA Revisi 2017 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengan Atas N/S
Mata Pelajaran : Sejarah Indonesia
Kelas /Semester : XI / Ganjil
Materi Pokok : Kolonialisme Dan Imperialisme
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 10 JP ( 5 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah ajaib terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta bisa memakai metoda sesuaikaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Menganalisis proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa eropa (portugis, spanyol, belanda, inggris) ke indonesia
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Menganalisis latar belakang dan tujuan hadirnya bangsa eropa (portugis, spanyol, belanda, inggris) ke indonesia
3.1.2 Mengidentifikasi proses kehadiran bangsa barat sampai terbentuknya pemerintahan kolonial
3.1.3 Mengidentifikasi latar belakang kehadiran bangsa eropa ke indonesia
3.1.4 Mengidentifikasi faktor-faktor yang mendorong orang-orang eropa mengadakan penjelajahan samudra pada final masa ke-16.
4.1 Mengolah info wacana proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa eropa (portugis, spanyol, belanda, inggris) ke indonesia dan menyajikannya dalam bentuk dongeng sejarah
4.1.1 Menyajikan info wacana proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa eropa (portugis, spanyol, belanda, inggris) ke indonesia dan menyajikannya dalam bentuk dongeng sejarah
Baca Juga RPP Prakarya dan Kewirausahaan Kelas X SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Sesudah mengikuti aktivitas pembelajaran ini siswa mampu:
• Menganalisis latar belakang dan tujuan hadirnya bangsa Eropa keIndonesia
• Menjelaskan kronologi dan jalur pelayaran kehadiran bangsa Eropa ke Indonesia
• Menganalisis perkembangan penjajahan bangsa Eropa di Indonesia
• Menyusun karya tulis sejarah yang berjudul “Kepulauan Nusantara bagaikan Mutiara dari Timur
Pertemuan Kedua
Sesudah mengikuti aktivitas pembelajaran ini siswa mampu:
• Menganalisis lahirnya VOC dan tujuan didirikannya
• Menganalisis kekuasaan VOC di Indonesia.
• Menganalisis proses kebangkrutan VOC.
Pertemuan ke Tiga
Sesudah mengkuti aktivitas pembelajaran ini siswa mampu:
• menganalisis tokoh Daendels dan kiprah utamanya di Indonesia
• menganalisis pemerintahan Daendels dan usaha-usaha yang dilakukan
• menganalisis tokoh Raffles dan prinsip-prinsip pemerintahan yang akan dijalankan di Indonesia
• Menganalisis pemerintahan Raffles dan usaha-usaha yang dijalankan
Sesudah mengkuti aktivitas pembelajaran ini siswa mampu:
Pertemuan Keempat
Sesudah mengikuti aktivitas pembelajaran ini siswa mampu:
• Menganalisis latar belakang dilaksanakan Tanam Paksa.
• Mengevaluasi ketentuan dan pelaksanaan Tanam Paksa.
• Menganalisis sebab-sebab dilaksanakan Usaha Swasta.
• Menganalisis isi dan makna Undang-undang Agraria tahun 1870.
• Menganalisis praktik pelaksanaan Usaha Swasta.
• Menganalisis akhir dari pelaksanaan Tanam Paksa dan Usaha Swasta.
Pertemuan Ke lima
Sesudah mengkuti aktivitas pembelajaran ini siswa mampu:
• Menganalisis proses masuknya Agama Katolik di Indonesia.
• Menganalisis perkembangan Agama Katolik di banyak sekali tempat di Indonesia.
• Menganalisis mengapa Agama Katolik di Indonesia serpihan timur berkembang pesat.
Baca juga RPP Matematika Kelas X SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017
D. Materi Pembelajaran
• Latar belakang dan tujuan hadirnya bangsa Eropa ke Indonesia
• Kronologi dan Jalur pelayaran kehadiran bangsa Eropa ke Indonesia
• Perkembangan penjajahan bangsa Eropa di Indonesia
• Lahirnya VOC dan tujuan didirikannya
• Perkembangan kekuasaan VOC di Indonesia
• Proses kebangkrutan VOC
• Tokoh Daendels dan kiprah utamanya di Indonesia.
• Pemerintahan Daendels dan usaha-usaha yang dilakukan.
• Tokoh Raffles dan prinsip-prinsip pemerintahan yang akan diterapkan di Indonesia.
• Pemerintahan Raffles dan usaha-usaha yang dilakukan.
• Latar belakang dilaksanakan Tanam Paksa
• Ketentuan-ketentuan dan pelaksanaan Tanam Paksa
• Sebab-sebab dilaksanakannya Usaha Swasta
• Isi dan makna Undang-Undang Agraria tahun 1870
• Praktik pelaksanaan Usaha Swasta
• Dampak dilaksanakannya Tanam Paksa dan Usaha Swasta
• Proses masuknya Agama Katolik di Indonesia
• Perkembangan Agama Katolik di banyak sekali tempat di Indonesia
• Mengapa Agama Katolik di Indonesia serpihan timur berkembang pesat
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan), Information search
3. Metode : Ceramah, Diskusi,Tanya Jawab, Praktek, Penugasan
Artikel terkait RPP Pendidikan Pancasila dan Kewargguagaraan (PPKn) Kelas 11 SMA/MA Revisi 2017
F. Media Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
G. Sumber Belajar
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Sejarah kelas XI Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku siswa Mata Pelajaran Sejarah kelas XI Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
3. Internet
4. Buku teks pelajaran yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Penlampauan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain wacana bahan pokok
• Menyimak tayangan/demo wacana bahan pokok
• Menyelesaikan kiprah yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
- Remidial sanggup didiberikan kepada akseptor didik yang belum mencapai KKM maupun kepada akseptor didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua serpihan : remedial lantaran belum mencapai KKM dan remedial lantaran belum mencapai Kompetensi Dasar
- Guru memdiberi semangat kepada akseptor didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan mempersembahkan kiprah bagi akseptor didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal)
- Pengayaan didiberikan untuk menambah wawasan akseptor didik terkena bahan pembelajaran yang sanggup didiberikan kepada akseptor didik yang sudah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
- Pengayaan sanggup ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai janji dengan akseptor didik.
- Direncanakan menurut IPK atau bahan pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas
……………, 16 Juli 2018
Mengetahui
Kepala Sekolah Menengan Atas N/S Guru Mata Pelajaran
……………………… ………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
0 komentar
Posting Komentar