RPP PJOK Kelas V SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
Mata Pelajaran : PJOK
Kelas /Semester : V/Ganjil
Tema : Kombinasi contoh gerak Permainan Bola Voli
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 8 JP (2 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial (rasa ingin tahu, tanggung jawaban, displin dan kerjasama) dicapai melalui pembelajaran tidak pribadi (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi penerima didik.
KI3: Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural menurut rasa ingintahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah ajaib terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1 Menerapkan mekanisme kombinasi contoh gerak lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam banyak sekali permainan bola besar sederhana dan atau tradisional.
3.1.1 Menjelaskan mekanisme kombinasi contoh gerak lokomotor, non-lokomotor Passing bawah
3.1.2 Menjelaskan mekanisme kombinasi contoh gerak lokomotor, non-lokomotor Passing bawah
4.1 Mempraktikkan kombinasi gerak lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam banyak sekali permainan bola besar sederhana dan atau tradisional.
4.1.1 Melakukan gerak kombinasi gerak Passing bawah sesuai dengan prosedur
4.1.2 Melakukan gerak kombinasi gerak Passing atas sesuai dengan prosedur
Baca Juga :
RPP PJOK Kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP PJOK Kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus PJOK Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Matematika Kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Matematika Kelas 2 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui acara pembelajaran dengan memakai model part and whole dengan pendekatan scientific, penerima didik di harapkan sanggup Menjelaskan kombinasi contoh gerak dasar Passing bawah dan passing atas serta bisa Mempraktikkan variasi gerak dasar modifikasi permainan bola voli melaluiataubersamaini rasa rasa ingin tahu, tanggung jawaban, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta mempunyai perilaku responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta bisa berkomukasi dan berhubungan dengan baik
D. Materi Pembelajaran
Bola voli
Passing
Passing atas
Passing bawah
E. Metode Pembelajaran
1. Inclusive (cakupan).
2. Demonstrasi.
3. Part and whole (bagian dan keseluruhan).
4. Resiprocal (timbal-balik).
5. Pendekatan Pembelajaran Kontekstual.
6. Pendekatan Scientific.
F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan Tayang
4. Ruang terbuka yang datar dan kondusif lapangan bolavoli.
5. Bola Voli
6. Stopwatch
7. Gambar : gerakkan permainan bola voli
8. Model : peragaan oleh guru atau penerima didik yang sudah mempunyai kemampuan permaianan Bola Voli
G. Sumber Belajar
1. Buku Pegangan Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas 5 Kurikulum 2013
2. Buku Pegangan Siswa Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas 5 Kurikulum 2013
3. Modul/bahan ajar,
4. Internet,
5. Sumber lain yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
- Kegiatan Penlampauan
- Kegiatan Inti
- Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
Mempelajari buku teks dan sumber lain wacana materi pokok
Menyimak tayangan/demo wacana materi pokok
Menyelesaikan kiprah yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
Terlampir
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
- Remedial sanggup didiberikan kepada penerima didik yang belum mencapai KKM maupun kepada penerima didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua pecahan : remedial alasannya yaitu belum mencapai KKM dan remedial alasannya yaitu belum mencapai Kompetensi Dasar
- Guru memdiberi semangat kepada penerima didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan mempersembahkan kiprah bagi penerima didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal),
- Pengayaan didiberikan untuk menambah wawasan penerima didik terkena materi pembelajaran yang sanggup didiberikan kepada penerima didik yang sudah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
- Pengayaan sanggup ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai akad dengan penerima didik.
- Direncanakan menurut IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas/
……………, 16 Juli 2018
Mengetahui
Kepala SDN Guru Mata Pelajaran
……………………………… ………………………
NIP/NRK. NIP/NRK.
0 komentar
Posting Komentar