Senin, 26 November 2018

Format Evaluasi Sikap, Pengetahuan, Dan Keterampilan Kurikulum 2013 Revisi 2017

 Analisis penilaian hasil berguru akseptor didik  pada bab ini bertujuan untuk memperbai Format Penilaian Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan Kurikulum 2013 Revisi 2017
Format Penilaian Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan Kurikulum 2013 Revisi 2017
Analisis penilaian hasil berguru akseptor didik pada bab ini bertujuan untuk memperbaiki kompetensi akseptor didik terhadap materi pembelajaran, yang memperkuat nilai utama aksara melalui literasi dalam suatu pembelajaran sehingga guru sanggup menyusun aktivitas remedial atau pengayaan serta perbaikan proses pembelajaran diberikutnya. Penilaian dalam proses pembelajaran mencakup penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan, termasuk didalamnya penguasaan terhadap kemampuan multi literasi dan penguatan nilai-nilai karakter

Penilaian Sikap
Penilaian perilaku dilakukan secara berkelanjutan dan komprehensif oleh gurumata pelajaran, guru bimbingan konseling, dan wali kelas dengan memakai observasi dan isu lain yang valid dan relevan dari banyak sekali sumber. Penilaian perilaku juga sanggup memperhatikan perubahan nilai-nilai aksara yang ditunjukkan oleh akseptor didik terkait dengan nilai-nilai utama karakter, yaitu religiositas, nasionalisme, kemandirian, gotong-royong, dan integritas

Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan mengukur kemampuan kognitif dan kecakapan berpikir tingkat rendah hingga tingkat tinggi akseptor didik. Penilaian pengetahuan dilakukan untuk mengetahui pencapaian ketuntasan belajar, mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan penguasaan pengetahuan dalam proses pembelajaran, termasuk penguasaan terhadap kemampuan multi literasi. Oleh alasannya yakni itu, pemdiberian umpan balik kepada akseptor didik oleh guru sangat penting sehingga hasil penilaian sanggup dipakai untuk perbaikan mutu pembelajaran.

Baca Juga:

Penilaian Keterampilan
Penilaian ketrampilan tidak terlepas dari penilaian pengetahuan dan sikap. Dalam penilian ketrampilan harus mencakup beberapa aspek ketrampilan berfikir (abstrak) dan ketrampilan kongkrit untuk mata pelajaran tertentu. melaluiataubersamaini demikian penilaian keterampilan (abstrak) juga harus mempertimbangkan nilai-nilai aksara sebagai perubahan atas perilaku yang ialah hasil pembelajaran.

Penilaian ketrampilan sanggup dilakukan dengan banyak sekali tehnik antara lain penilaian praktek/kinerja, proyek, dan porto folio. Penilaian keterampilan sanggup dilakukan dengan banyak sekali metode antara lain penilaian praktik/kinerja, proyek, dan portofolio. Teknik penilaian lain sanggup dipakai sesuai dengan karakteristik kompetensi mata pelajaran yang akan diukur. Instrumen yang dipakai sanggup berupa daftar cek atau skala penilaian yang dilengkapi rubrik

Sesudah penilaian dilaksanakan, guru mempersembahkan umpan balik berupa komentar pada kinerja akseptor didik. Hasil penilaian kinerja tersebut selanjutnya dianalisis untuk mengetahui ketercapaian kompetensi, kemampuan literasi, dan nilai-nilai aksara yang berkembang, sehingga sanggup memilih rencana remedial atau pengayaan.
 
Untuk mendapat Format Penilaian Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan Kurikulum 2013 Revisi 2017 secara lengkap silahkan unduh filenya di bawah ini:

0 komentar

Posting Komentar