
Pada Kurikulum 2013 ketika ini para terjadi banyak sekali perubahan atau revisi-revisi bahkan hampir dissetiap bulan sehingga tidak heran para guru rada sedikit kebingungan baik untuk menyusun perangkat atau administrasu guru lainnya salah satunya yakni silabus.
Memang banyak sekali di internet banyak sekali model dan bentuk silabus, tapi hanay sedikti yang sanggup menyesuaikan dengan kurikulum 2013 revisi 2017 kini apalagi dalam K13 ketika ini harus tercantum pula beberapa komponen pokok dalam menyusunnya yang lebih menonjol yakni perangkat pembelajaran kini harus terintegrasi dengan PPK, Literasi, 4C dan HOTS, kemudian bagaimana cara mengakibatkan komponen tersebut ? mungkin itu yang jadi pertanyaan ?
Untuk memmenolong para rekan guru khususnya guru mata pelajaran maematika kelas 8 SMP/MTs diberikut saya bagikan Silabus Matematik kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013 revisi 2017
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | Penilaian |
3.7 Menjelaskan sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya 4.7 Menyelesaikan dilema yang berkaitan dengan sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya 3.8 Menjelaskan garis singgung komplotan luar dan komplotan dalam dua bulat dan cara melukisnya 4.8 Menyelesaikan dilema yang berkaitan dengan garis singgung komplotan luar dan komplotan dalam dua lingkaran | Lingkaran · Lingkaran · Unsur-unsur lingkaran · Hubungan sudut sentra dengan sudut keliling · Panjang busur · Luas juring · Garis singgung komplotan dalam dua lingkaran · Garis singgung komplotan luar dua lingkaran | 3.7.1 Mengidentifikasi sudut pusat, sudut keliling, luas juring dan panjang busur lingkaran. 3.7.2 Menjelaskan kekerabatan antara sudut pusat, sudut keliling, luas juring dan panjang busur lingkaran 3.8.1 Mengidentifikasi garis singgung komplotan luar dan komplotan dalam dua lingkaran. 3.8.2 Menjelaskan cara melukis garis singgung komplotan luar dan komplotan dalam dua lingkaran 4.7.1 Menentukan kekerabatan sudut sentra dengan panjang busur. 4.7.2 Menentukan kekerabatan sudut sentra dengan luas juring. 4.7.3 Menentukan kekerabatan sudut sentra dengan sudut keliling. 4.7.4 Menyelesaikan permasalahan faktual yang terkait penerapan kekerabatan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring 4.8.1 Menyelesaikan dilema faktual yang berkaitan dengan garis singgung komplotan luar dan komplotan dalam dua lingkaran 4.8.2 Menyajikan hasil penyelesaian dilema yang berkaitan dengan garis singgung komplotan luar dan komplotan dalam dua lingkaran | · Mencermati peragaan atau pemodelan yang berkaitan lingkaran serta unsur-unsur lingkaran · Mencermati dilema atau bentuk benda-beda di sekitar yang berkaitan dengan lingkaran · Melakukan percobaan untuk menemukan rumus keliling lingkaran, panjang busur, luas juring, dan garis singgung komplotan (dalam dan luar) antara dua lingkaran · Mencermati cara melukis garis singgung bulat dan garis singgung komplotan antara dua bulat menggunakan jangka dan penggaris · Menyajikan hasil pembelajaran tentang bulat dan garis singgung lingkaran · Menyelesaikan dilema yang berkaitan dengan bulat dan garis singgung lingkaran | 30 JP | · Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. · Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan · Internet. | · Lisan · Tertulis · Unjuk kerja · Penugasan · Produk · Portofolio |
3.9 Membedakan dan menentukan luas permukaan dan volume bangkit ruang sisi datar (kubuss, balok, prisma, dan prisma) 4.9 Menyelesaikan dilema yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangkit ruang sisi datar (kubuss, balok, prima dan limas), serta gabungannya | Bangun Ruang Sisi Datar · Jaring-jaring: Kubus, balok, prisma, dan limas · Luas permukaan: kubus, balok, prisma, dan limas · Volume: kubus, balok, prisma, dan limas · Menaksir volume bangkit ruang tak beraturan | 3.9.1 Memahami luas permukaan bangkit ruang sisi datar (kubuss, balok, prisma, dan prisma) 3.9.2 Memahami volume bangkit ruang sisi datar (kubuss, balok, prisma, dan prisma) 3.9.3 Mejelaskan perbedaan luas permukaan dan volume bangkit ruang sisi datar (kubuss, balok, prisma, dan prisma) 4.9.1 Menentukan luas permukaan bangkit ruang sisi datar (kubuss, balok, prima dan limas), serta gabungannya 4.9.2 Menentukan volume bangkit ruang sisi datar (kubuss, balok, prima dan limas), serta gabungannya. 4.9.3 Menyajikan hasil pembelajaran tentang bangkit ruang sisi datar 4.9.4 Menyelesaikan dilema yang berkaitan dengan bangkit ruang sisi datar | · Mencermati model atau benda di sekitar yang merepresentasikan bangun ruang sisi datar · Melakukan percobaan untuk menemukan jari-jari bangkit ruang sisi datar · Melakukan percobaan untuk menemukan rumus luas permukaan dan volume bangkit ruang sisi datar · Menyajikan hasil pembelajaran perihal · Menyelesaikan dilema yang berkaitan dengan bangkit ruang sisi datar | 30 JP | · Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. · Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan · Internet. | · Lisan · Tertulis · Unjuk kerja · Penugasan · Produk · Portofolio |
3.10Menganalisis kekerabatan antar sudut sebagai akhir dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal 4.10Menyelesaikan dilema yang berkaitan dengan kekerabatan antar sudut sebagai akhir dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal | Statistika: · Rata-rata, median, dan modus · Mengambil keputusan berdasarkan analisis data · Membuat prediksi berdasarkan analisis data | 3.10.1 Mengamati data dari tabel frekuensi dan gambar yang disajikan guru 3.10.2 Menjelaskan komponen-komponen yang terdapat pada tabel frekuensi dan komponen-komponen yang terdapat pada gambar yang kedua. 3.10.3 Membandingkan data-data yang terdapat pada tabel frekuensi dengan data pada gambar. 3.10.4 Menemukan kekerabatan antara data pada tabel frekuensi dengan data pada gambar 3.10.5 Memahami cara membuat diagram batang pada Microsoft excel. 4.10.1 Menyajikan hasil pembelajaran tentang ukuran pemusatan dan penyebaran data serta cara mengambil keputusan dan membuat prediksi 4.10.2 Menyelesaikan dilema yang berkaitan dengan ukuran pemusatan dan penyebaran data serta cara mengambil keputusan dan membuat prediksi | · Mencermati penyajian data dari banyak sekali sumber media koran, majalah, atau televisi · Mencermati cara memilih rata- rata, median, modus, dan sebaran data · Menganalisis data menurut ukuran pemusatan dan penyebaran data · Mencermati cara mengambil keputusan dan membuat prediksi bersarkan analisis dan data · Menyajikan hasil pembelajaran tentang ukuran pemusatan dan penyebaran data serta cara mengambil keputusan dan membuat prediksi · Menyelesaikan dilema yang berkaitan dengan ukuran pemusatan dan penyebaran data serta cara mengambil keputusan dan membuat prediksi | 15 JP | · Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. · Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan · Internet. | · Lisan · Tertulis · Unjuk kerja · Penugasan · Produk · Portofolio |
3.11 Menjelaskan peluang empirik dan teoretik suatu insiden dari suatu percobaan 4.11 Menyelesaikan dilema yang berkaitan dengan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian dari suatu percobaan | Peluang · Titik sampel · Ruang sampel · Kejadian · Peluang empirik · Peluang teoretik | 3.11.1 Mengidentifikasi konsep peluang empiric 3.11.2 Mengidentifikasi konsep peluang teoritik 3.11.3 Menentukan nilai peluang empiric suatu insiden sederhana 3.11.4 Menentukan nilai peluang teoritik suatu insiden sederhana 3.11.5 Memahami konsep ruang sampel, titik sampel suatu kejadian. 4.11.1 Melakukan percobaan untuk menemukan kekerabatan antara peluang empirik dengan peluang teoretik 4.11.2 Menyajikan hasil pembelajaran peluang empirik dan peluang teoretik | · Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan peluang empirik dan peluang teoretik · Mencermati ruang sampel dari peluang teoretik dan titik sampel dari suatu insiden pada suatu ruang sampel · Melakukan percobaan untuk menemukan kekerabatan antara peluang empirik dengan peluang teoretik · Menyajikan hasil pembelajaran peluang empirik dan peluang teoretik | 15 JP | · Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. · Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan · Internet. | · Lisan · Tertulis · Unjuk kerja · Penugasan · Produk · Portofolio |
Bagi Para rekan guru yang membutuhkan dalam bentuk versi file silahkan ambil disini
Demikian agar sanggup memdiberi manfaat.
0 komentar
Posting Komentar