Untuk para rekan guru Bimbingan Konseling (BK) yang belum punya atau belum menyusun sebab kesibukan dan kegiatannya diberikut ini saya sharing wacana silabus, jadwal tahunan dan RPL BK untuk tingkat Sekolah Menengan Atas kelas 10,11 dan 12 edisi terbaru Revisi 2017
I. PERSIAPAN
No | KEGIATAN | TUJUAN KEGIATAN | URAIAN KEGIATAN | WAKTU | KETERANGAN |
1 | Penyusunan Program BK | Perencanaan acara pelayanan BK selama 1 tahun. | Membuat jadwal Tahunan, Semesteran, Bulanan, Mingguan dan Harian. | Raker Sekolah | Tim BK |
2 | Penyusunan Silabus dan Satlan | Kegiatan jadwal pelayanan BK Klasikal | Menyusun materi pelayanan BK Klasikal, acara dan penilaiannya. | Minggu efektif | Modul BK |
3 | Konsultasi Program BK | Diketahui dan disetujui kepala sekolah. | Program BK tersusun menurut tindak lanjut dari jadwal BK sebelumnya. | Raker sekolah | Menjadi kepingan dari jadwal sekolah |
4 | Pengadaan Sarana dan Pramasukana BK | Melancarkan pelaksanaan jadwal BK. | Daftar kebutuhan Sarana dan pramasukana BK | Raker sekolah | Layanan BK menjadi efektif . |
II. PELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING
KEGIATAN | URAIAN KEGIATAN | WAKTU | KETERANGAN |
JENIS LAYANAN BK : | |||
1. Layanan Orientasi | - Menetapkan objek dan jenis acara orientasi. - Menyiapkan akomodasi orientasi. | Awal tahun ajaran/MOPD | Panitia PPDB |
2. Layanan Informasi | - Menetapkan materi informasi. - Menetapkan nara sumber. - Menentukan acara Layanan Informasi. | Minggu efektif | |
3. Layanan Penempatan dan Penyaluran | - Identifikasi setiap akseptor didik. - Kolaborasi dengan wali kelas untuk penempatan duduk akseptor didik di kelas. Menentukan BK Sebaya - Kolaborasi dengan guru mapel untuk berguru kelompok. Menentukan Tutor Sebaya. - Kolaborasi dengan kesiswaan untuk acara OSIS - Kolaborasi dengan guru ekskul untuk memilih pilihan ekskul. | - Awal tahun. - Semester kedua. | Selalu ada penyegaran dan variasi di kelas. |
4. Layanan Penguasaan Konten | - Diagnosis kesusahan berguru akseptor didik. - Nilai raport akseptor didik, Leger Kelas dan Grafik Prestasi Belajar Kelas - Menetapkan akseptor didik yang akan dilayani sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan belajarnya. - Melaksanakan layanan individu atau kelompok. | Minggu Efektif | - Nilai Raport tiap semester. - 10 siswa teratas. - 10 siswa terbawah. |
5. Layanan Konseling Perorangan | - Mengidentifikasi klien. - Mengatur pertemuan untuk mendapatkan klien - Membahas duduk kasus klien dengan memakai metode-metode umum proses konseling. - Mendorong pengentasan duduk kasus klien dengan menerapkan metode-metode khusus konseling perorangan. - Memantapkan komitmen klien dalam pengentasan masalahnya. | Minggu Efektif | Perlunya ruang BK yang nyaman. |
6. Layanan Bimbingan Kelompok | - Menyiapkan topik yang akan dibahas. - Membentuk kelompok dan menyusun jadwal kegiatan. - Menetapkan akomodasi layanan - Menyelenggarakan Layanan Bimbingan Kelompok sesuai dengan tahap-tahap pelaksanaan : a. Pembentukan b. Peralihan c. Kegiatan d. Pengakhiran | Minggu Efektif | Perlunya ruang BK yang nyaman. |
7. Layanan Konseling Kelompok | - Mengidentifikasi klien dan meyakinkan klien wacana perlunya duduk kasus dibawa ke dalam konseling kelompok. - Menempatkan klien dalam kelompok. - Menyusun jadwal. - Menetapkan akomodasi layanan. - Menyelenggarakan Layanan Bimbingan Kelompok sesuai dengan tahap-tahap pelaksanaan : a. Pembentukan b. Peralihan c. Kegiatan d. Pengakhiran | Minggu Efektif | Komitmen menjaga diam-diam kawan. |
8. Layanan Konsultasi | - Mengidentifikasi klien. - Mengatur pertemuan. - Menyelenggarakan penstrukturan konsultasi. - Membahas duduk kasus klien dengan pihak ketiga. - Mendorong klien untuk : a. Mampu menangani duduk kasus dengan pihak ketiga. b. Memanfaatkan sumber-sumber yang ada. - Membina komitmen klien untuk menangani duduk kasus dengan pihak ketiga. | Minggu Efektif | |
9. Layanan Mediasi | - Mengidentifikasi duduk kasus yang dialami 2 pihak yang bertikai. - Meyakinkan kedua pihak pentingnya perdamaian dan penyelesaian duduk kasus diantara keduanya. - Mengatur pertemuan. - Melaksanakan pertemuan mediasi : a. Menyelenggarakan penstrukturan Layanan Mediasi. b. Membahas aspirasi kedua pihak. c. Mengembangkan perilaku saling memdiberi dan mendapatkan diantara kedua pihak. - Menempa komitmen diantara kedua pihak. - Membina komitmen kedua pihak untuk mempertahankan/melaksanakan kesepakatan. | Minggu Efektif | Adil dan tegas. |
10. Layanan Advokasi | - Mengidentifikasi klien dan meyakinkan klien wacana perlunya permasalah dibawa ke jalur hukum. - Menghubungi lembaga/ahli aturan yang berwenang dan pihak yang terkait dengan klien untuk memilih waktu dan daerah pertemuan. - Mengadakan pertemuan Advokasi : a. Menyelenggarakan penstrukturan Layanan Advokasi. b. Membahas hak klien untuk diperhatikan dan diperlakuan dengan selayaknya. c. Mengembangkan pemahaman akan hak asasi manusia. - Membina komitmen secara aturan dengan pihak terkait supaya klien mempunyai kebebasan menyebarkan potensinya. | Minggu Efektif | |
KEGIATAN PENDUKUNG BK : | |||
1. Aplikasi Instrumen | - Menetapkan instrumen sesuai dengan obyek yang akan diukur dan subyek yang akan mengalami pengukuran/pengungkapan. - Mengkomunikasikan planning pelaksanaan instrumentasi kepada pihak terkait. - Menetapkan mekanisme pengukuran/pengungkapan. - Menetapkan fasilitas. - Menyelenggarakan acara Aplikasi Instrumentasi. | - Awal tahun ajaran. - Minggu Efektif | Asesmen |
2. Himpunan Data | - Menetapkan pembagian terstruktur mengenai jenis dan sumber Himpunan Data dan menata akomodasi penyelenggaraannya. - Menetapkan mekanisme pengisian, pemeliharaan dan penerapan Himpunan Data. - Memanfaatkan Himpunan Data untuk aneka macam jenis layan | - Awal tahun - Selalu di up date. | |
3. Konferensi Kasus | - Menetapkan masalah dan meyakinkan klien bahwa permasalahannya perlu dibicarakan dalam Konferensi Kasus. - Menetapkan peserta, mengkomunikasikan waktu dan daerah Konferensi Kasus. - Menyiapkan materi materi dan akomodasi penyelenggaraan Konferensi Kasus. - Menyelenggrakan Konferensi Kasus yang mencakup beberapa aspek : a. Membuka pertemuan b. Menegaskan asas kerahasiaan c. Meminta komitmen akseptor untuk penanganan kasus. d. Membahas kasus. e. Menegaskan dan melakukan peranan masing-masing akseptor dalam penanganan kasus. f. Menyimpulkan hasil pembahasan dan menutup pertemuan. | Berdasarkan masalah yang ada. | |
4. Kunjungan Rumah | - Menetapkan masalah dan meyakinkan klien pentingnya Kunjungan Rumah. - Mengkomunikasikan planning Kunjungan Rumah kepada pihak terkait. - Menyiapkan info pokok yang akan dikomunikasikan pada keluarga, data yang perlu diungkap dan peranan anggota keluarga terhadap klien. - Melakukan Kunjungan Rumah : a. Bertemu orang tua/wali dan anggota keluarga. b. Membahas permasalahan klien. c. Melengkapi data. d. Mengembangkan komitmen orang tua/wali dan anggota keluarga. e. Merekam dan menyimpulkan hasil pembahasan. | Minggu Efektif | Kolaborasi dengan Wali Kelas. |
5. Tampilan Kepustakaan. | - Menetapkan klien dan permasalahannya yang memerlukan info kepustakaan. - Menghubungi petugas perpustakaan untuk meminta rujukan buku yang diperlukan. - Mengadakan pertemuan dengan klien untuk mengulas permasalahan dengan mengaitkan pada materi kepustakaan yang ada sehingga solusi didapatkan. - Klien tetapkan daftar kepustakaan yang akan dibaca sebagai solusi dari permasalahannya. | Minggu Efektif | BK Corner |
6. Alih Tangan kasus | - Menetapkan kasus dan meyakinkan klien pentingnya Alih Tangan Kasus. - Menghubungi lembaga/ahli yang berwenang menangani duduk kasus klien untuk memilih waktunya. - Menyiapkan materi yang akan disertakan dalam Alih Tangan Kasus. - Mengirim klien kepada lembaga/ahli yang berwenang. | Berdasarkan masalah yang ada. | Format kerjasama |
FORMAT LAYANAN | |||
1. Individual | - Pembagian kiprah guru BK/Konselor untuk memilih akseptor didik layanan. - Mendalami akseptor didik yang dilayani menurut Aplikasi Instrumentasi dan Himpunan Data. - Membuat daftar konseli. - Menyusun jadwal konseling individual menurut urutan permasalahan. | ||
2. Kelompok | - Membuat peta bimbingan kelompok dan konseling kelompok tiap semester. - Membentuk kelompok pada tiap kelas dan menginformasikannya kepada seluruh akseptor didik. - Menentukan materi acara kelompok. - Melaksanakan acara kelompok dengan dinamika kelompok. | ||
3. Klasikal | - Kolaborasi dengan staf kurikulum untuk memilih jadwal BK pada jadwal pelajaran sesuai dengan kelas yang dilayaninya ialah 2 JP/minggu. - Menyusun Silabus dan Satuan Layanan Klasikal. - Mengadakan acara BK Klasikal dengan Modul BK dan Media BK. - Menyiapkan kelengkapan administrasi. | ||
4. Lapangan | - Kegiatan di luar kelas pada jam BK klasikal, gunakan materi ’game’ dari Modul BK. - Mengakfifkan akseptor didik dengan membuat majalah dinding yang menarikdanunik di depan ruang BK | ||
5. Pendekatan Khusus/Kolaboratif | - Identifikasi akseptor didik yang memerlukan Perhatian Khusus (PK). - Adakan pendekatan kepada akseptor didik bahwa permasalahannya memerlukan kerja sama dengan pihak tertentu. - Hubungi pihak yang akan memmenolong permasalahan akseptor didik. - Menentukan jadwal dan daerah pertemuan. | ||
6. Jarak Jauh. | - Menyediakan BK Corner. - Mendata nomor telpon, nomor HP dan jejaring sosial akseptor didik dan orang tua/wali. - Menginformasikan nomor HP khusus BK/jejaring sosial supaya kapan saja sanggup dihubungi. |
III. EVALUASI
NO | KEGIATAN | TUJUAN KEGIATAN | URAIAN KEGIATAN | WAKTU | KETERANGAN |
1 | LAPORAN BK | Bukti pelaksanaankegiatan pelayanan BK dan dasar penilaian acara BK diberikutnya | Guru BK membuat laporan pelayanan BK bulanan, semester dan simpulan tahun kepada kepala sekolah | Juli - Juni | Format Laporan |
2 | Evaluasi, Analisa & Tindak Lanjut | Untuk melihat pencapaian aspek dan kiprah perkembangan dari akseptor didik dalam satu tahun | Tim BK mendiskusikan pelaksanaan jadwal BK : faktor pendukung dan faktor penghambat yang ada. | Akhir Tahun | Format Laporan |
Mengetahui, .............................., Juli 2017
Kepala SMA Negeri ............... Guru BK Kelas X
.................................... ...............................................
NIP. NIP. –
Untuk mendapatkan Jadwal Kegiatan Program Bimbingan Dan Konseling, Pogram Bimbingan Dan Konseling, Program Bk Klasikal, Jadwal Kegiatan Bk Klasikal dan Silabus BK Klasikal full silahkan kunjungi halaman ini. Bagi yang membutuhkan perangkat Rencana Pelaksanaan Pelayanan Satuan Layanan Klasikal (BK) kelas X,XI,dan XII lengkap silahkan klik disini.
Demikian yang sanggup saya diberikan untuk perangkat Bimbingan Konseling (BK) Sekolah Menengan Atas agar sanggup memdiberi manfaat. terima kasih
0 komentar
Posting Komentar