RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN
SATUAN LAYANAN BK KLASIKAL
Satuan Pendidikan | : Sekolah Menengan Atas Negeri ....................... |
Kelas/Semester | : XII / 1 |
Waktu | : 1 X 40 menit |
MATERI LAYANAN | : | BAB I BANGGA DI KELAS XII A SEMANGAT BARU DI AWAL TAHUN |
ASPEK PERKEMBANGAN | : | 7. Pengembangan pribadi |
NILAI KARAKTER | : | jujur , Disiplin, Kerja Keras, Mandiri, Berteman erat / Komunikatif, Tanggung Jawab |
KOMPETENSI | : | Semangat gres di kelas XII |
INDIKATOR | : | Dapat menyesuaikan diri |
BIDANG LAYANAN | : | Sosial |
TUJUAN LAYANAN | : | Peserta didik sanggup mengekspresikan suasana yang sangat senang di kelas baru |
FUNGSI LAYANAN | : | Pemahaman, Penyesuaian, Penyaluran, Preventif, Pemeliharaan, Pengembangan |
METODE | : | Kooperatif Learning, Joyfull Learning |
SUMBER LAYANAN | : | Modul BK, Psikologi Remaja, Dinamika Kelompok |
LANGKAH-LANGKAH LAYANAN : |
KEGIATAN PELAYANAN KLASIKAL | WAKTU |
A. Penlampauan 1. Memdiberi salam, menyidik kehadiran penerima didik dan kemembersihkanan kelas. 2. Apersepsi dan motivasi : Perlukah kita bersemangat di pertama tahun aliran ini dengan bernyanyi ? 3. Menjelaskan tujuan pelayanan klasikal, aspek dan kiprah perkembangan yang akan dicapai sesuai dengan RPL Silabus. | 10 ’ |
B. Kegiatan Inti 1. Proses · Eksplorasi : peserta didik mencicipi “A New Spirit in XII Grades” sambil menyanyikan lagu “Naik ke Kelas XII” · Elaborasi : penerima didik mengemukakan gagasan gres wacana lagu ”Naik ke Kelas XII” · Konfirmasi : memperoleh pengalaman yang bermakna sewaktu menyanyikan lagu ”Naik ke Kelas XII” 2. Aspek CTL · Questioning (bertanya) : tanya balasan bervariasi wacana semangat berguru di kelas XII. · Konstruktivisme (membangun) : guru BK/Konselor memdiberi pola lagu “Naik ke Kelas XII” · Modeling (pemodelan) : guru BK/Konserlor meminta seorang penerima didik membacakan cerita. · Authentic Assessment (penilaian yang sebenarnya) : penerima didik menuntaskan tugas di modul BK : memdiberi tanda silang pada bak Ya atau Tidak, serta membuat puisi atau syair lagu kelas XII 3. Kecakapan Hidup · Kooperatif : penerima didik sanggup mencicipi sebagai pelajar yang memahami tanggung balasan dalam belajar. | 25’ |
C. Penutup 1. Kesimpulan : penerima didik dan guru BK menyimpulkan perlunya semangat gres di pertama tahun ajaran. 2. Refleksi : semangat berguru di kelas XII diekspresikan melalui lagu ”Naik ke Kelas XII” | 5 ’ |
I.PENILAIAN
TEKNIK | BENTUK | TAHAP PENILAIAN |
Penilaian diri | Pendapat pribadi | Laiseg : Ekspresi senang pada diri penerima didik. Laijapen : Tetap senang berguru di kelas. Laijapan : Prestasi tercapai |
A. Didiberikan reward jika ada perubahan perilaku pada penerima didik berjulukan :
B. Didiberikan Perhatian Khusus (PK) bagi penerima didik yang belum ada perubahan perilaku bernama
Mengetahui,
..............................,Juli 2017
Kepala SMA Negeri ............... Guru BK Kelas XII
.................................... ................................................
NIP. NIP.
0 komentar
Posting Komentar