RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN (RPL)
SATUAN LAYANAN BK KLASIKAL
Satuan Pendidikan | : Sekolah Menengan Atas Negeri 1 ....................... |
Kelas/Semester | : XI / 2 |
Waktu | : 1 X 40 menit |
MATERI LAYANAN | : | BAB III BELAJAR A PENTINGNYA BELAJAR |
ASPEK PERKEMBANGAN | : | 4. Kematangan intelektual |
NILAI KARAKTER | : | Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Rasa ingin tahu, Menghargai Prestasi, Gemar Membaca. Tanggung Jawab |
KOMPETENSI | : | Pengaruh relasi sosial terhadap belajar |
INDIKATOR | : | Mengikuti acara di sekolah yang sanggup menyebarkan emosi atau keterikatan sosialnya terhadap orang lain |
BIDANG LAYANAN | : | Belajar |
TUJUAN LAYANAN | : | Peserta didik sanggup memahami tanggung jawabannya sebagai pelajar |
FUNGSI LAYANAN | : | Pemahaman, Penyesuaian, Penyaluran, Preventif, pemeliharaan, Pengembangan |
METODE | : | Kooperatif Learning, Joyfull Learning |
SUMBER LAYANAN | : | Modul B - Psikologi Remaja, Dinamika |
LANGKAH-LANGKAH LAYANAN : |
KEGIATAN PELAYANAN KLASIKAL | WAKTU |
A. Penlampauan 1. Memdiberi salam, menyidik kehadiran penerima didik dan kemembersihkanan kelas. 2. Apersepsi dan motivasi : Saat ini berguru itu penting atau tidak ? 3. Menjelaskan tujuan pelayanan klasikal, aspek dan kiprah perkembangan yang akan dicapai sesuai dengan RPL Silabus. | 10 ’ |
B. Kegiatan Inti 1. Proses • Eksplorasi : peserta didik mencicipi banyak sekali pendekatan pelayanan bimbingan.akan pentingnya belajar. • Elaborasi : mengemukakan gagasan baru secara verbal pentingnya belajar. • Konfirmasi : memdiberikan konfirmasi terhadap pengalaman berguru sehari-hari. 2. Aspek CTL • Questioning (bertanya) : tanya tanggapan bervariasi ihwal “Goal of Study” • Konstruktivisme (membangun) : Peserta didik mencicipi manfaat berguru sebagai kewajiban. • Modeling (pemodelan) : guru BK/Konselor membacakan dongeng “Percaya diri dalam belajar” • Authentic Assessment (penilaian yang sebenarnya) : Peserta didik menyelesaikan kiprah di modul BK dengan memdiberi tanda silang pada kolom T atau TP. 3. Kecakapan Hidup • Kooperatif : penerima didik sebagai pelajar memahami tanggung tanggapan dalam belajar. | 25’ |
C. Penutup 1. Kesimpulan : penerima didik dan guru BK menyimpulkan pentingnya belajar. 2. Refleksi : tanggung tanggapan pelajar ialah belajar. | 5 ’ |
X.PENILAIAN
TEKNIK | BENTUK | TAHAP PENILAIAN |
Penilaian diri | Pendapat pribadi | Laiseg : Memahami kiprah utama pelajar ialah belajar. Laijapen : Membiasakan diri untuk belajar. Laijapan : Belajar sebagai acara utama. |
XI.CATATAN KHUSUS
A. Didiberikan reward jikalau ada perubahan perilaku pada penerima didik berjulukan :
B. Didiberikan Perhatian Khusus (PK) bagi penerima didik yang belum ada perubahan perilaku bernama
Mengetahui, .............................., Juli 2017
Kepala Sekolah Menengan Atas Negeri 1 ............... Guru BK Kelas XI
.................................... ................................................
NIP. NIP. –
0 komentar
Posting Komentar