Sabtu, 06 Oktober 2018

Rpl Bimbingan Konseling Kelas 10 Sma Revisi 2017


Rencana Pelaksanaan Pelayanan 
Satuan Layanan Klasikal
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengan Atas Negeri .....................................
Kelas/Semester : X / 1
Waktu : 1 X 40 menit

I. MATERI LAYANAN : BAB I selamat hadir kelas X

A. SEMANGAT BARU DI AWAL TAHUN

II. ASPEK PERKEMBANGAN : 7. Pengembangan langsung

III. NILAI KARAKTER : jujur , Disiplin, Kerja Keras, Mandiri, Berteman akrab / Komunikatif, Tanggung Jawab

IV. KOMPETENSI : Menanamkan rasa cinta pada sekolah

V. INDIKATOR : Dapat mengikuti aktivitas sekolah yang sanggup berbagi emosi atau keterikatan sosial terhadap orang lain

VI. BIDANG BIMBINGAN : Sosial

VII. TUJUAN LAYANAN : Peserta didik sanggup mencicipi suasana nyaman di kelas X

VIII. FUNGSI LAYANAN : Pemahaman, Penyesuaian, Penyaluran, Preventif, Pemeliharaan, Pengembangan

IX. METODE : Kooperatif Learning, Joyfull Learning

X. SUMBER LAYANAN : Modul BK - Psikologi Remaja, Dinamika Kelompok

XI. LANGKAH-LANGKAH LAYANAN :

KEGIATAN PELAYANAN KLASIKAL
WAKTU
A.      Penlampauan
1.       Memdiberi salam, menilik kehadiran akseptor didik dan kemembersihkanan kelas.
2.       Apersepsi dan motivasi : bagaiaman Teknik menumbuhkan rasa cinta pada sekolah ?
3.       Menjelaskan tujuan pelayanan klasikal dan aspek perkembangan yang akan dicapai sesuai dengan RPL Silabus.
10 ’
B.      Kegiatan Inti
1.       Proses
    Eksplorasi  : peserta didik mencicipi pendekatan dalam pelayanan kllasikal sewaktu membuat puisi ihwal sekolah
    Elaborasi    : menciptakan teks puisi ihwal cinta sekolah dengan mendalami dan memahami kondisi dan suasana di sekolah yang baru
    Konfirmasi  : mempersembahkan konfirmasi terhadap pengalaman dihari-hari pertama tahun di sekolah gres sewaktu MOPD
2.       Aspek CTL
    Questioning (bertanya) : peserta didik menanyakan ihwal cara membuat teks puisi  terkena sekolah.
    Konstruktivisme (membangun) : melakukan percobaan sikap gres menurut aspek dan kiprah perkembangan yaitu ”A New Spirit in The School Year”
    Authentic Assessment (penilaian yang sebenarnya) : menyelesaikan kiprah di modul BK dengan melengkapi kalimat bagaiaman menanamkan rasa cinta pada sekolah
3.       Kecakapan Hidup
    Kooperatif : membacakan puisi ihwal sekolah dengan penuh semangat .
25’
C.      Penutup
1.       Kesimpulan : akseptor didik dan guru BK menyimpulkan suasana hati di kelas X sehabis membuat puisi ihwal sekolah
2.       Refleksi       : menumbuhkan rasa cinta kepada sekolah melalui puisi
5 ’
XII. PENILAIAN
TEKNIK
BENTUK
TAHAP PENILAIAN
Penilaian diri
Puisi

Laiseg     : Ekspresi bahagia pada diri siswa
Laijapen : Tetap bahagia berguru di kelas.
Laijapan : Prestasi berguru tercapai alasannya ialah ada rasa bahagia berguru di kelas.

XIII. CATATAN KHUSUS
A. Didiberikan reward kalau ada perubahan sikap pada akseptor didik berjulukan :
                                                                                                                                                           

B. Didiberikan Perhatian Khusus (PK) bagi akseptor didik yang belum ada perubahan sikap bernama 
                                                                                                                                                            

Mengetahui,                                                                              .............................., Juli 2017 

Kepala Sekolah Menengan Atas Negeri 1 ...............                                                Guru BK Kelas X


....................................                                                              ................................................
NIP.                                                                                           NIP. –

0 komentar

Posting Komentar