![]() |
Silabus PJOK Kelas 7,8 dan 9 SMP/MTs Revisi 2017 |
Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK) ialah salah satu mata pelajaran pada Kurikulum 2013. PJOK ialah bab integral dari acara pendidikan nasional, bertujuan untuk menyebarkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan membersihkan melalui pembekalan pengalaman mencar ilmu memakai kegiatan jasmani terpilih yang dilakukan secara sistematis yang dilandasi nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Silabus ini ialah pola bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran supaya siswa bisa menyebarkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan membersihkan sesuai dengan tujuan.
Silabus ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan mempersembahkan peluang kepada guru untuk mengembangkannya lagi sesuai kebutuhan dan mengakomodasi keungulan- keunggulan lokal. Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus meliputi beberapa aspek kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang terdapat dalam silabus ialah alternatif kegiatan yang dirancang untuk mencapai kompetensi dasar yang diharapkan. Kegiatan pembelajaran yang termuat di dalam silabus ini ialah alternatif dan inspiratif sehingga guru sanggup menyebarkan banyak sekali kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan tingkat perkembangan siswa.
Kegiatan Pembelajaran pada silabus ini sanggup diubahsuaikan dan diperkaya dengan konteks lokal atau sekolah, serta konteks global untuk mencapai kualitas optimal hasil mencar ilmu pada siswa terhadap Kompetensi Dasar. Kontekstualisasi pembelajaran tersebut dilakukan supaya siswa tetap berada pada budayanya, mengenal dan mengasihi alam dan sosial di sekitarnya, dengan perspektif global sekaligus menjadi pewaris bangsa sehingga akan menjadi generasi tangguh dan berbudaya Indonesia.
Sejalan dengan karakteristik pendidikan era 21 yang memanfaatkan teknologi warta dan komunikasi, pembelajaran PJOK dalam Kurikulum 2013 juga memanfaatkan teknologi warta dan komunikasi sebagai media dan sumber mencar ilmu di samping buku guru dan buku siswa yang ketika ini juga masih sanggup dipegunakan. Pemanfaatan TIK mendorong siswa dalam menyebarkan kreativitas dan diberinovasi serta meningkatkan pemahaman dan pengetahuan. Penerapan IT dalam pembelajaran PJOK seperti: pengamatan melalui tanyangan video, pengamatan melalui internet, pemdiberian kiprah melalui internet dan pengumpulan kiprah melalui internet.
Silabus ini ialah pola bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran supaya siswa bisa menyebarkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan membersihkan sesuai dengan tujuan.
Silabus ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan mempersembahkan peluang kepada guru untuk mengembangkannya lagi sesuai kebutuhan dan mengakomodasi keungulan- keunggulan lokal. Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus meliputi beberapa aspek kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang terdapat dalam silabus ialah alternatif kegiatan yang dirancang untuk mencapai kompetensi dasar yang diharapkan. Kegiatan pembelajaran yang termuat di dalam silabus ini ialah alternatif dan inspiratif sehingga guru sanggup menyebarkan banyak sekali kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan tingkat perkembangan siswa.
Kegiatan Pembelajaran pada silabus ini sanggup diubahsuaikan dan diperkaya dengan konteks lokal atau sekolah, serta konteks global untuk mencapai kualitas optimal hasil mencar ilmu pada siswa terhadap Kompetensi Dasar. Kontekstualisasi pembelajaran tersebut dilakukan supaya siswa tetap berada pada budayanya, mengenal dan mengasihi alam dan sosial di sekitarnya, dengan perspektif global sekaligus menjadi pewaris bangsa sehingga akan menjadi generasi tangguh dan berbudaya Indonesia.
Sejalan dengan karakteristik pendidikan era 21 yang memanfaatkan teknologi warta dan komunikasi, pembelajaran PJOK dalam Kurikulum 2013 juga memanfaatkan teknologi warta dan komunikasi sebagai media dan sumber mencar ilmu di samping buku guru dan buku siswa yang ketika ini juga masih sanggup dipegunakan. Pemanfaatan TIK mendorong siswa dalam menyebarkan kreativitas dan diberinovasi serta meningkatkan pemahaman dan pengetahuan. Penerapan IT dalam pembelajaran PJOK seperti: pengamatan melalui tanyangan video, pengamatan melalui internet, pemdiberian kiprah melalui internet dan pengumpulan kiprah melalui internet.
Baca juga artikel terkait lainnya seperti:
0 komentar
Posting Komentar