Rabu, 21 November 2018

Rpp Prakarya Dan Kewirausahaan ( Budidaya ) Kelas Viii Smp/Mts Revisi 2017

 menurut rasaingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan RPP Prakarya dan Kewirausahaan ( Budidaya ) Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017
RPP Prakarya dan Kewirausahaan ( Budidaya ) Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SMPN/S
Mata Pelajaran : Prakarya Aspek Budidaya
Kelas/Semester : VIII/Ganjil
Materi Pokok : Komoditas Ternak Keakungan
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 4 JP (2Pertemuan)


A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasaingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalamranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan menciptakan) danranah abnormal (menulis, membaca, menghitung,menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumberlain yang sama dalam sudut pandang / teori

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)

3.1 Memahami komoditas ternak keakungan (kelinci, hamster, burung, ayam hias, reptil, kucing, dan lain-lain) yang sanggup dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat
4.1 Menentukan komoditas ternak keakungan (kelinci, hamster, burung, ayam hias, reptil, kucing, dan lain-lain) yang sanggup dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Menjelaskan konsep pengembangan ternak keakungan.
3.1.2 Mengidentifikasi persyaratan kebutuhan pakan ternak keakungan diwilayah setempat.
3.1.3 Mengidentifikasi persyaratan pemeliharaan ternak keakungan diwilayah setempat.
4.1.1 Menentukan jenis-jenis kebutuhan pakan ternak keakungan diwilayah setempat.
4.1.2 Menentukan jenis-jenis pemeliharaan ternak keakungan diwilayah setempat
4.1.3 Menyajikan hasil dan memilih Jenis dan persyaratan hidup ternak keakungan

C. Tujuan Pembelajaran
melaluiataubersamaini acara diskusi kelompok dalam pembelajaran Komoditas Ternak Keakungan ini diperlukan siswa terlibat aktif dalam acara pembelajaran dan bertanggungjawaban dalam memberikan pendapat, menjawaban pertanyaan, memdiberi masukan dan Koreksi, serta mampu:
• Menjelaskan konsep pengembangan ternak keakungan.
• Mengidentifikasi persyaratan kebutuhan pakan ternak keakungan diwilayah setempat.
• Mengidentifikasi persyaratan pemeliharaan ternak keakungan diwilayah setempat.
melaluiataubersamaini rasa rasa ingin tahu, tanggung jawaban, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta mempunyai sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta bisa berkomukasi dan berhubungan dengan baik

D. Materi Pembelajaran
1. Fakta:
kelinci,
hamster,
burung,
ayam hias,
reptil,
kucing,
dan lain-lain
2. Konsep
Ternak yang ada ketika ini bermula dari binatang hewan yang liar. Manusia melaksanakan penjinakan (domestikasi) alasannya adanya kepentingan terhadap binatang liar tersebut. Beberapa binatang dipelihara sebagai sumber materi baku industri, atau sebagai pemmenolong pekerjaan manusia. Selain itu, binatang ternak juga sanggup berfungsi sebagai binatang peliharaan alasannya ciri khas/keunikan yang dimilikinya. Suara yang unik, bulu yang halus dan indah, sikap yang lucu, yakni alasan seseorang memelihara ternak tersebut. Hewan yang dipelihara alasannya kekhasan dan keunikan inilah yang disebut ternak hias.
3. Prinsip
Menjelaskan konsep pengembangan ternak keakungan.
Mengidentifikasi persyaratan kebutuhan pakan ternak keakungan diwilayah setempat.
Mengidentifikasi persyaratan pemeliharaan ternak keakungan diwilayah setempat.
4. Prosedur
Menentukan jenis-jenis kebutuhan pakan ternak keakungan diwilayah setempat.
Menentukan jenis-jenis pemeliharaan ternak keakungan diwilayah setempat
Menyajikan hasil dan memilih Jenis dan persyaratan hidup ternak keakungan

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode Pembelajaran : ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) Ceramah, Diskusi/Tanya jawaban, Penugasan

F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. LKS
2. White board
3. Spidol
4. Media LCD projector,
5. Laptop,
6. Bahan Tayang ( Slide power point)

G. Sumber Belajar
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Siswa Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Buku Guru Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Internet
4. Sumber lain yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Penlampauan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup


I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
 

1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
Mempelajari buku teks dan sumber lain ihwal materi pokok
Menyimak tayangan/demo ihwal materi pokok
Menyelesaikan kiprah yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
? Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,

2. Instrumen Penilaian
Terlampir

3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remedial sanggup didiberikan kepada penerima didik yang belum mencapai KKM maupun kepada penerima didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bab : remedial alasannya belum mencapai KKM dan remedial alasannya belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memdiberi semangat kepada penerima didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan mempersembahkan kiprah bagi penerima didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).
b. Pengayaan
  • Pengayaan didiberikan untuk menambah wawasan penerima didik terkena materi pembelajaran yang sanggup didiberikan kepada penerima didik yang sudah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan sanggup ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai janji dengan penerima didik.
  • Direncanakan menurut IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.

……………, 16 Juli 2018

Mengetahui
Kepala SMPN/S                                Guru Mata Pelajaran

……………………………              ………………………….
NIP/NRK.                                         NIP/NRK.


Catatan Kepala Sekolah
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................

Baca Juga:

RPP IPA Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP IPS Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Matematika Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Matematika Kelas 7 SMP/MTs Revisi 2017
RPP Bahasa Sunda Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

0 komentar

Posting Komentar